Kompas TV nasional berita kompas tv

Bus Gratis Bogor-Jakarta, Penumpang Lebih Pilih KRL, Ini Penjelasan Wali Kota Bima Arya

Kompas.tv - 15 Juni 2020, 19:36 WIB
Penulis : Reny Mardika

BOGOR, KOMPAS.TV - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta siapkan bus gratis di beberapa daerah penyangga Ibu Kota Jakarta, salah satunya di Stasiun Bojong Gede di Bogor, Jawa Barat.

Masyarakat yang akan menuju ibu kota bisa memanfaatkan bus gratis sebagai alternatif transportasi.

Bus yang disiapkan oleh pemprov DKI Jakarta ini sebagai antisipasi untuk mengurangi penumpukan penumpang KRL di Stasiun Bojong Gede.

Bus yang disiapkan ini diharapkan dapat mengurangi penumpukan calon penumpang di saat pandemi Covid-19.

Meskipun Pemprov DKI sudah menyediakan puluhan bus untuk mengantisipasi terjadinya penumpukan di stasiun penyanggah ibu kota, antrean panjang penumpang masih terlihat di Stasiun Bojonggede, Bogor.

Meskipun bus yang disediakan gratis, para penumpang lebih memilih menggunakan kereta karena dinilai jauh lebih efektif dan efisien waktu, daripada naik bus.

Meski demikian Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto optimis jika adanya bus ini efektif meski bukan satu-satunya solusi utama

"Bus ini bukan solusi utama dan satu-satunya, ini salah satu saja. Lumayan mengurangi tapi nggak cukup. Makanya dirambah lagi dengan dua mekanisme. Satu ada sistem antrean yang tadi sudah kita rapikan pertama PT KAI, yang kedua adalah jadwal kerja jadi pembagian shift," ujarnya.

Lalu seberapa efektif penyediaan bus gratis di Stasiun Bogor untuk menekan potensi penyebaran Covid-19 dan apa saja upaya yang dilakukan Pemkot Bogor?

Simak dialog lebih lengkap bersama dengan Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x