Kompas TV kuliner cerita rasa

Sop Ubi, Kuliner Khas Makassar yang Menggugah Selera

Kompas.tv - 15 Juni 2020, 15:00 WIB
sop-ubi-kuliner-khas-makassar-yang-menggugah-selera
Sop Ubi, Kuliner Khas Makassar (Sumber: Rach Alida Bahaweres)
Penulis : Desy Hartini

MAKASSAR, KOMPAS.TV - Tahukah kamu kalau kuliner Makassar yang terkenal bukan hanya coto Makassar, lho!

Selain coto Makassar, ada sop ubi yang masuk dalam jajaran kuliner khas Makassar yang legendaris. Pokoknya, wajib menjadi pilihan jika kamu berkunjung ke Makassar!

Salah satu sop ubi yang terkenal adalah sop ubi Hj. Haniah. Sop ubi yang hadir sejak 1963 ini terletak di Jalan Datu Museng, Makassar.

Sop ubi lebih dikenal dengan sebutan sop ubi lorong karena lokasinya berada di lorong (red: gang) kecil di pusat Kota Makassar. Untuk akses menuju ke tempat makan ini pun cukup mudah karena hanya sekitar 5 menit dari Pantai Losari. 

Baca Juga: Menuju Kampung Mandiri, Tripika Kecamatan Panakukang Perindah Kampung di Kota Makassar

Tempat makan sop ubi ini cukup sederhana. Satu ruangan hanya dapat menampung hingga 20 orang. Untuk harga, satu porsi sop ubi ini dapat dinikmati hanya dengan membayar Rp25 Ribu.  

Sesuai namanya, dalam seporsi sop ubi terdapat potongan-potongan ubi yang cukup banyak. Belum lagi ada tambahan bihun, irisan daging, dan sebutir telur rebus. 

Semua bahan makanan itu kemudian disajikan pada piring dan disiram kuah bening yang segar. Taburan seledri dan bawang goreng membuat tampilannya semakin menggugah selera.

Selain itu, akan semakin lezat apabila dikonsumsi dengan percikan jeruk nipis, sambal, dan langsung dikomsumsi dalam keadaan panas. Satu porsi sup ubi ini cukup mengenyangkan apabila menjadi pilihan untuk menu makanan utama.

Baca Juga: Bersejarah, Masjid Arab di Makassar yang Diperuntukkan bagi Jemaah Laki-laki

Sop ubi HJ. Haniah ini buka setiap hari dari pukul 07.00 WITA hingga 21.00 WITA. Kamu tertarik mencobanya?

#SopUbi #Makassar 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x