Kompas TV klik360 cerita indonesia

Indonesia Ekspor 27 Ton Ikan ke China, Pertama Kali di Tengah Corona!

Minggu, 14 Juni 2020 | 11:26 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Teten Masduki melepas ekspor 27 ton komoditi perikanan  di Pelabuhan Nizam Zachman, Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara.

Ekspor ini merupakan perdana di tengah masa pandemi virus Corona yang tengah merebak di seluruh dunia.

Puluhan ton ikan ini akan dikirim Dongguan, China.

Baca Juga: Di Tengah Pandemi Covid-19, Ekspor Ikan Jawa Tengah Tetap Tinggi

Komoditi ini merupakan hasil dari UMKM nelayan-nelayan di berbagai daerah.

China merupakan mangsa pasar yang besar bagi perdagangan ikan. Saat ini pemerintah tengah menggenjot UMKM guna meningkatkan perekonomian tertunda dari target 14 persen.

Ada empat komoditi yang tidak berpengaruh masa pandemi, diantaranya ikan, arang kelapa, rempah-rempah dan buah.

Pemerintah juga akan memberikan stimulus kepada UMKM dengan tiga fase. Fase pertama dengan memberikan subsidi bungan dan pembebasan pajak.

Fase kedua pemulihan dengan memberikan modal usaha 78 triliun rupiah, serta cadangan sisa kur sebanyak 129 triliun rupiah.

Baca Juga: Jadi Penghasil APD Terbanyak, Indonesia Ekspor APD?

Kemudian fase terakhir, pendampingan dengan memberikan pasar sehingga mudah menjual barang.

Saat ini ikan Tenggiri, Layur, Cumi, dan bawal diminati di China.

Pengiriman perdana ini akan dilakukan secara berkesinambungan dan pendampingan. 

Penulis : Sadryna Evanalia



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
23:08
MANTAN PRESIDEN AS BARACK OBAMA, GEORGE W BUSH, DAN BILL CLINTON KOMPAK SUKARELA KAMPANYEKAN VAKSINASI KORONA   PRODUSEN OBAT MODERNA BERSIAP UJI VAKSIN KORONA PADA ANAK-ANAK BERUSIA 12 TAHUN   KEMENLU SEBUT TERSISA 47 JEMAAH TABLIG YANG MASIH DIUPAYAKAN KEPULANGANNYA KE TANAH AIR   KEMENLU: 704 WNI JEMAAH TABLIG DIPULANGKAN DARI INDIA PADA 30 NOVEMBER 2020   KAPOLRI: NEGARA TAK BOLEH KALAH DENGAN ORMAS YANG LAKUKAN CARA-CARA PREMANISME UNTUK HALANGI PENEGAKAN HUKUM   KAPOLRI JENDERAL IDHAM AZIS TEGASKAN AKAN TINDAK SIAPA PUN YANG MELANGGAR KETERTIBAN UMUM   GUBERNUR JATENG DAN WALI KOTA SOLO SEPAKAT JADIKAN ASRAMA HAJI DONOHUDAN SEBAGAI TEMPAT ISOLASI PASIEN KORONA   WAPRES MA'RUF AMIN MEMINTA SELURUH PERUSAHAAN, PENGUSAHA, DAN TOKOH PROFESIONAL SUMBANG INISIATIF TANGANI KORONA   POLISI PERIKSA WALI KOTA BOGOR BIMA ARYA ATAS KASUS TES USAP KORONA RIZIEQ SHIHAB   DITRESKRIMSUS POLDA METRO JAYA TANGKAP PENYEBAR VIDEO AJAKAN JIHAD DALAM AZAN   SEKDA DIY MINTA NIK KARYAWAN DAN GURU MAN 22 PALMERAH, JAKARTA, YANG POSITIF KORONA USAI KE YOGYAKARTA   KEMENAG DKI JAKARTA PASTIKAN TIDAK ADA MURID YANG TERLIBAT DALAM WISATA KARYAWAN DAN GURU MAN 22 PALMERAH   KEMENAG DKI JAKARTA SESALKAN KARYAWAN DAN GURU MAN 22 PALMERAH BERWISATA DI TENGAH PANDEMI KORONA   SEBANYAK 33 KARYAWAN DAN GURU MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 22 PALMERAH, JAKARTA, POSITIF KORONA USAI BERWISATA