Kompas TV nasional berita kompas tv

Jadi Penghasil APD Terbanyak, Indonesia Ekspor APD?

Kamis, 16 April 2020 | 09:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Keuangan Sri Mulyani menyebut Indonesia akan tetap mengekspor Alat Pelindung Diri atau APD ke negara lain tanpa mengurangi kebutuhan dalam negeri untuk menangani corona.

Menurut Sri Mulyani, Indonesia sebagai salah satu penghasil APD terbesar juga telah memiliki kontrak pemenuhan suplai APD ke sejumah negara.

Pemerintah pun telah menginformasikan kepada negara pengimpor bahwa Indonesia juga tengah membutuhkan APD.

Baca Juga: UMKM Ini Membuat APD Alternatif Bagi Tenaga Medis Untuk Tutupi Kekurangan Stok

Sementara itu, Presiden Jokowi mengadakan rapat terbatas hari Rabu, 15 April 2020 membahas soal mitigasi dampak covid-19 terhadap UMKM.

Ada 59,2 juta UMKM yang terdaftar di Indonesia dan berpotensi menjadi yang paling terdampak dari adanya pademi virus corona saat ini.

Maka pemerintah membuat skema agar menjadi bantalan untuk UMKM yang dianggap sebagai tulang punggung ekonomi tidak terlalu terdampak dan jatuh terpuruk karena adanya pandemi ini.

Presiden Jokowi meminta agar UMKM yang bergerak di sektor pertanian, industri dan juga sektor pangan tetap berproduksi, supaya nantinya hasil produksi UMKM ini akan digunakan untuk bantuan sosial kepada warga yang terdampak.

Harapan nya bantuan sosial ini akan jadi bantuan yang mengoptimalkan produktifitas industri lokal karena memberdayakan UMKM yang ada di Indonesia.

Penulis : Anjani Nur Permatasari


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
11:51
BMKG MEMPREDIKSI SEBAGIAN WILAYAH DI JAKARTA AKAN HUJAN DENGAN INTENSITAS RINGAN HARI INI   GUBERNUR GORONTALO USULKAN SURAT MENGIKUTI VAKSIN COVID-19 SEBAGAI SYARAT BEPERGIAN KE LUAR DAERAH   PROVINSI GORONTALO MENDAPATKAN JATAH 9.760 DOSIS VAKSIN COVID-19 SINOVAC UNTUK TAHAP PERTAMA   MENKES WACANAKAN PENERIMA VAKSIN COVID-19 DAPAT SERTIFIKAT DIGITAL DAN BISA JADI SYARAT BEPERGIAN   KOREM 074/WARASTRATAMA: RUMAH SAKIT LAPANGAN UNTUK PASIEN COVID-19 AKAN DIBANGUN DI BENTENG VASTENBURG, SOLO   TNI AD MELALUI KOREM 074/WARASTRATAMA SIAPKAN RUMAH SAKIT LAPANGAN ATAU RUMKITLAP KHUSUS UNTUK PASIEN COVID-19   KASUS COVID-19 SEMAKIN MENINGKAT, WALI KOTA JAMBI TUNDA KEGIATAN BELAJAR TATAP MUKA DI SEMUA SEKOLAH   BASARNAS: SEBANYAK 15 KORBAN LONGSOR SUMEDANG, JAWA BARAT, BELUM DITEMUKAN, OPERASI SAR DIPERPANJANG   BMKG: GEMPA BERMAGNITUDO 5,2 YANG GUNCANG SULAWESI UTARA HARI INI PUKUL 06.00 WIB TAK BERPOTENSI TSUNAMI   GUBERNUR SULAWESI SELATAN SIAP MENAMPUNG PARA PENGUNGSI KORBAN GEMPA DI MAJENE & MAMUJU   PRESIDEN JOKOWI MENYATAKAN AKAN TERUS PANTAU PERKEMBANGAN BENCANA ALAM YANG TERJADI DI INDONESIA   KOARMADA II TNI AL KIRIM PENYELAM DISLAMBAIR DAN KOPASKA BANTU EVAKUASI KORBAN BANJIR DI KALSEL   BNPB SEBUT GEMPA BERMAGNITUDO 5,0 YANG GUNCANG MAJENE PAGI INI TAK BERPOTENSI TSUNAMI   GEMPA BERMAGNITUDO 5,0 KEMBALI GUNCANG MAJENE, SULAWESI BARAT, HARI INI SEKITAR PUKUL 06.32 WIB