Kompas TV entertainment lifestyle

5 Tempat Kuliner Fenomenal yang Wajib Dicoba di Kota Medan

Kompas.tv - 9 Juni 2020, 15:48 WIB
5-tempat-kuliner-fenomenal-yang-wajib-dicoba-di-kota-medan
Suasana pengunjung di warung Ucok Durian, Kota Medan, Sumatera Utara. (Sumber: Kompas.com/ I Made Asdhiana)
Penulis : Laura Elvina

(Edika Ipelona)

MEDAN, KOMPAS.TV - Berkunjung ke Kota Medan, Sumatera Utara, enggak afdol kalau enggak kulineran. Medan memang terkenal dengan kulinernya. Siapa yang enggak tahu durian dari Medan dan juga bolu gulungnya? 

Nah, jika anda sedang berkunjung atau berencana mengunjungi Kota Medan, jangan lupa untuk berwisata kuliner di tempat ini:

Restoran Tip Top

Restoran ini berada di area Kota Tua, Medan. Bangunan restorannya juga terkesan sangat klasik, cocok untuk anda yang suka suasana vintage. Nah, yang terkenal di restoran ini adalah es krimnya. Restoran ini sudah ada sejak tahun 1929 dan sempat berpindah lokasi. Sekarang usia restoran ini adalah sekitar 90 tahun! Wah, lebih tua dari usia Bangsa Indonesia ya. Alat masak yang digunakan di restoran ini juga masih menggunakan teknologi memasak “jadoel”. 

Restoran ini terletak di Jl. Jend. Ahmad Yani No.92 A-B, Kesawan, Kota Medan, Sumatera Utara.

Ucok Durian

Sebenarnya ada banyak toko yang menjual durian di Medan. Tapi, Ucok Durian ini adalah salah satu yang paling terkenal. Bahkan, Presiden Joko Widodo juga sempat datang dan membeli durian bersama dengan keluarga dan kerabat presiden.  Ucok Durian milik Zainal Abidin ini sudah bersaing di dunia kuliner sejak  28 tahun silam. Wah, sudah lama juga ya. Kedai Ucok Durian buka 24 jam! Tahukah anda, Ucok Durian setiap hari memasok sekitar 6.000 buah durian?

Kedai Ucok Durian berada di Jalan K.H. Wahid Hasyim Nomor 30-32 Kota Medan.

Rumah Makan Sinar Pagi

Nah, sudah pernah coba menyantap soto Medan? Rasa gurihnya nerhasil membuat pembeli soto Medan untuk beli lagi. Tapi, soto Medan yang enak jelas dibarengi dengan resep yang enak pula. Rumah Makan Sinar Pagi di Kota Medan adalah salah satu rumah makan yang terkenal menjual soto Medan lezat. Di sini pengunjung boleh memilih daging sapi atau daging ayam untuk menikmati sotonya.

Rumah Makan Sinar Pagi terletak di Jl. Sei Deli, Silalas, Kec. Medan Barat, Kota Medan.

Kedai Kopi Apek

Anda pecinta kopi? Kedai Kopi Apek ini cukup terkenal di Kota Medan. Pengunjung akan disuguhkan kopi dengan gaya tradisional khas Medan. Enggak kalah vintage dengan restoran Tip Top, Kedai Kopi Apek ini sudah berdiri sejak 1922. Direkomendasikan untuk memesan kopi susunya dan juga telur setengah matang. Oh iya, jangan lupa ngopi sambil ngemil camilan enak yang juga di jual di kedai kopi ini. 

Kedai Kopi Apek terletak di Jalan Hindu No. 37, Medan.

Rumah Makan Tabona

Kuliner kari Medan juga juara! Rumah Makan Tabona di Medan ini menyediakan kari Medan yang lezat dan terkenal. Menu khas dari Rumah Makan Tabona ini adalah kari ayam kampong dan kari daging sapi. Selain itu, pembeli juga boleh memilih untuk menyantap kari dengan nasi atau bihun. Pembeli kari Medan di sini tak hanya wisatawan lokal, namun juga mancanegara. 

Rumah Makan Tabona terletak di Jl. Mangkubumi No.17, A U R, Kec. Medan Maimun, Kota Medan, Sumatera Utara 20151.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x