Kompas TV regional berita daerah

Viral, Sapi Kurus Milik Dinas Peternakan Aceh

Kompas.tv - 7 Juni 2020, 20:44 WIB
Penulis : KompasTV Aceh

ACEH BESAR, KOMPAS.TV- Sebuah video Sapi dalam kondisi kurus viral dan membanjiri media sosial warga net. Sapi kurus milik dinas Peternakan Aceh menjadi sorotan publik dalam beberapa hari terakhir ini.

Video ini diambil di kandang Unit Pelayanan Teknis, Inseminasi Buatan Inkubator (IBI)  Saree, Aceh Besar.

Miris kondisi dari program penggemukan dan peranakan ini malah terkesan tak terurus. Bahkan di duga ada yang mati akibat kekurangan pakan selama pandemi covid 19.

Baca Juga: 17 Unit Bangunan Rusak Karena Gempa

Aktifis Lembaga Gerakan Anti Korupsi (GERAK) Aceh, Mahmuddin menjelaskan bahwa  Dinas Peternakan Aceh telah membeli 1.386 ekor sapi pada tahun 2016-2017 dengan anggaran mencapai 22.4 millyar.

Pihak GERAK Aceh menilai bahwa saat ini jumlah sapi  bukan malah bertambah. Lembaga anti korupsi Aceh ini  menyebutkan ada terjadinya pengurangan jumlah sapi dari pangadaan awal.

Dinas Peternakan Aceh membantah bahwa sapi ini kurus akibat kekurangan pakan. Bahkan sejak maret 2020 lalu pakan konsentrat untuk sapi program penggemukan dan peranakan ini telah habis, sehingga sapi mengalami turun berat badan.

Kepala Dinas Peternakan Aceh, Rahmadi menjelaskan pada tahun 2020 telah mengangarkan 1.5 millyar untuk pengadaan hijauan pakan dan pakan konsentrat.

#aceh #covid19 #pakanternak #sapikurus



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x