Kompas TV regional berita daerah

Sekitar 80 Orang Bawa Kabur Jenazah PDP Corona, Tolak Protokol Pemakaman Covid-19

Kompas.tv - 5 Juni 2020, 16:38 WIB
sekitar-80-orang-bawa-kabur-jenazah-pdp-corona-tolak-protokol-pemakaman-covid-19
Petugas medis memeriksa kondisi pasien di ruang isolasi saat simulasi Penanganan Pasien Corona di Rumah Sakit Lavalette, Malang, Jawa Timur, Jumat (13/3/2020) (Sumber: KOMPAS.COM)
Penulis : Tito Dirhantoro

MAKASSAR, KOMPAS TV - Massa sekitar 80 orang dari keluarga pasien dalam pengawasan virus corona yang akhirnya meninggal dunia menolak proses pemakaman dengan protokol Covid-19.

Karena itu, mereka mengambil paksa dan membawa kabur jenazah dari Rumah Sakit Labuang Baji, Makassar, Sulawesi Selatan pada Jumat (5/6/2020).

Pengambilan paksa oleh pihak keluarga pasien lalu membawanya kabur dari Jalan Rajawali 2 ini terjadi sekitar pukul 09.50 Wita. 

Baca Juga: Selain Corona, Ini Deretan Wabah yang Pernah Menyerang Manusia

Pengambilan paksa jenazah pasien tersebut sempat direkam oleh warga, lalu videonya tersebar hingga akhirnya viral di berbagai media sosial.

Kepala Rumah Sakit Labuang Baji, Mappatoba, membenarkan adanya sekitar 80 orang yang berbondong-bondong datang ke rumah sakit dan mengambil paksa jenazah pasien Covid-19. 

Kejadian ini pun telah dilaporkan pihaknya kepada tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Makassar.

“Pengambilan paksa ini terjadi sekitar pukul 09.50 Wita. Yang bersangkutan dinyatakan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) meninggal sekitar pukul 09.15 Wita,” kata Mappatoba di Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (5/6/2020).

Baca Juga: Viral Pasien Covid-19 Ngamuk karena Terlalu Lama Dikarantina: Mana Bupati, Panggil ke Sini

Menurut dia, pihak keluarga korban membawa kabur jenazah saat sampel swab pasien tersebut belum keluar.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x