Kompas TV klik360 cerita indonesia

Face Shield Murah Karya Mahasiswa Lampung

Jumat, 5 Juni 2020 | 15:43 WIB

LAMPUNG, KOMPAS.TV - Sekelompok mahasiswa Lampung yang tergabung dalam Komunitas Insan Cekatan membuat ribuan pelindung wajah atau face shield. Face shield yang diproduksi mahasiswa ini nantinya akan dijual ke masyarakat dengan harga murah.

Kelompok mahasiswa Lampung ini saling bahu-membahu mengerjakan pelindung wajah atau face shield. Selama pandemi Covid-19, face shield karya mereka sudah didistribusikan ke berbagai instansi termasuk tenaga medis.

Proses pembuatannya berdasarkan pembagian tugas. Sebagian mahasiswa memotong mika, sebagian lagi menempelkan karet pengikat mika dengan straples.

Sebagian mahasiswa lagi memotong busa sesuai ukuran dan menempelkannya ke permukaan mika dengan menggunakan double tape. Proses terakhir adalah menempel stiker bertuliskan "Face Shield" .

Ketua Umum Komunitas Insan Cekatan Boby Aldo Saputra mengatakan bahwa komunitasnya juga memproduksi Alat Pelindung Diri, masker, dan juga sarung tangan untuk keperluan medis. Namun tempat produksi pelindung wajah terpisah dari tempat produksi kelengkapan medis lainnya.

Komunitas Insan Cekatan mampu memproduksi 500 hingga 1.000 pelindung wajah setiap harinya. Awalnya, mereka membuat alat pelindung wajah untuk disumbangkan kepada tenaga medis dan instansi kesehatan di sekitar Lampung. 

Tetapi karena keterbatasan dana, mereka kini hanya mengandalkan pemasukan yang salah satunya dari penjualan pelindung wajah.

Penulis : Aryo bimo



BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Musim Hujan, Harga Cabai Melonjak

Sabtu, 28 November 2020 | 08:05 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
08:26
WAPRES MA'RUF AMIN MINTA MUI DAN TOKOH AGAMA BANGUN KESADARAN PENTINGNYA VAKSIN COVID-19   PRESIDEN JOKOWI SEBUT MULAI 2021 PEMERINTAH AKAN BANGUN 7 LOKASI PEMBIBITAN TANAMAN    MENRISTEK BAMBANG BRODJONEGORO HARAP VAKSIN MERAH PUTIH DIDISTRIBUSIKAN DI TRIWULAN 4 2021   TEMPAT TIDUR PASIEN COVID-19 DI RS DRAJAT PRAWIRANEGARA SERANG, BANTEN, PENUH TERISI   MENHUB BUDI KARYA SUMADI APRESIASI KESIAPSIAGAAN BASARNAS DALAM HADAPI SITUASI BENCANA DI TENGAH PANDEMI   KAPOLDA JATENG IRJEN AHMAD LUTHFI SEBUT SEMUA DAERAH PENYELENGGARA PILKADA PRIORITAS PENGAMANAN   SEKJEN KKP ANTAM NOVAMBAR: EDHY PRABOWO TELAH AJUKAN PENGUNDURAN DIRI KE PRESIDEN JOKOWI   MENPAREKRAF WISHNUTAMA SEBUT PELAKU PARIWISATA BERHARAP BANYAK DARI MOMENTUM LIBUR AKHIR TAHUN   PENGAMANAN NATAL DAN TAHUN BARU 2021, KORLANTAS POLRI SIAPKAN REKAYASA LALU LINTAS   PMI: TAK ADA PENULARAN COVID-19 LEWAT DARAH, MASYARAKAT TETAP BISA DONOR DARAH   DINAS SUMBER DAYA AIR JAKBAR: PEMBANGUNAN TURAP UNTUK CEGAH BANJIR DI JAKBAR TERKENDALA PEMBEBASAN LAHAN   KEMENKO PMK HARAP PEMBINAAN, PENGEMBANGAN, SERTA PERLINDUNGAN UMKM YANG DIBIDANGI PEREMPUAN LEBIH DITEKANKAN   KEMENKO PMK DORONG PENYELESAIAN PENYUSUNAN RENCANA AKSI NASIONAL PENANGANAN TINDAK PIDANA PERDAGANGAN ORANG   GUBERNUR JATIM KHOFIFAH INDAR PARAWANSA MINTA WARGA JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN UNTUK PUTUS PENYEBARAN COVID -19