Kompas TV regional berita daerah

Kampung Siaga Covid-19, Wali Kota Semarang: Kedisiplinan Kunci Tuntaskan Wabah Virus Corona

Rabu, 3 Juni 2020 | 22:26 WIB
kampung-siaga-covid-19-wali-kota-semarang-kedisiplinan-kunci-tuntaskan-wabah-virus-corona
Kapolda Jawa Tengah, Irjen Ahmad Luthfi (kiri depan) bersama Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi (kanan depan) saat di Kampung Siaga Covid-19 di Semarang, Rabu (3/6/2020). (Sumber: Humas Polri)

SEMARANG, KOMPAS.TV - Kapolda Jawa Tengah (Jateng), Irjen Ahmad Luthfi menyatakan bahwa masyarakat akan menjadi polisi bagi dirinya sendiri melalui pendirian Kampung Siaga Covid-19 di berbagai wilayah di Jawa Tengah.

Hal itu disampaikannya saat mengecek kesiapan Kampung Siaga Covid-19 di RW VI, Kelurahan Panggung Lor, Kota Semarang, Rabu (4/6/2020).

“Kampung siaga ini didirikan sebagai salah satu upaya menghadapi kenormalan baru (New Normal) dalam pandemi Covid-19,” ujar Irjen Ahmad Luthfi, dalam keterangan tertulis, Rabu.

Selain itu, lanjut Luthfi, Kampung Siaga Covid-19 ini juga sebagai pemberdayaan masyarakat dan mengedukasi serta memantau penerapan protokol kesehatan.

“Masyarakat bisa mengamankan kampungnya dengan menerapkan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan, sehingga mampu menghadapi berbagai masalah berkaitan dengan Covid-19,” tutur Luthfi.

Dijelaskan bahwa sampai saat ini di Jawa Tengah sudah dibentuk 475 Kampung Siaga Covid-19 di 35 kabupaten/kota dari target 870 kampung.

“Saya mengapresiasi pendirian Kampung Siaga Covid-19 di RW VI Kelurahan Panggung Lor ini, yang mana juga dilengkapi dengan rumah karantina, dapur umum, dan lumbung pangan,” kata Luthfi.

Editor : Deni Muliya

1
2



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
05:07
PERANCIS PERLUAS KEBIJAKAN JAM MALAM HINGGA KE 54 PROVINSI DALAM UPAYA MENEKAN PENULARAN COVID-19    ITALIA TUTUP BIOSKOP, TEATER, DAN TEMPAT OLAHRAGA HINGGA BATAS WAKTU YANG BELUM DITENTUKAN CEGAH PENULARAN KORONA   ANGKA PENULARAN COVID-19 TINGGI, PM ITALIA PERKETAT PEMBATASAN AKTIVITAS WARGA   BPBD KOTA BEKASI MENCATAT 346 JIWA MENGUNGSI AKIBAT TERDAMPAK BANJIR LUAPAN KALI CILEUNGSI DAN CIKEAS   PLT BUPATI PONOROGO, JATIM, SEBUT 10 PEGAWAI PLN PONOROGO POSITIF COVID-19 SEUSAI TERIMA TAMU DARI SURABAYA   POLRESTABES SURABAYA SITA 8,8 KILOGRAM SABU DAN 17.000 PIL HAPPY FIVE DARI 8 TERSANGKA KASUS PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA    POLRESTABES SURABAYA TANGKAP 8 TERSANGKA PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA DI JAWA TIMUR   POLRES INDRAGIRI HILIR TANGKAP Y, KURIR NARKOTIKA DENGAN BARANG BUKTI SABU SEBERAT 50 KILOGRAM   KAPOLDA RIAU PASTIKAN KOMPOL IZ, PELAKU PENGEDAR NARKOTIKA JENIS SABU, SEGERA DIPROSES HUKUM   WAKAPOLRES JEMBER SEBUT DARI 5 YANG DITETAPKAN TERSANGKA PERUSAKAN KANTOR DPRD JEMBER, DUA DI ANTARANYA PELAJAR   POLRES JEMBER, JATIM, TETAPKAN 5 TERSANGKA PERUSAKAN KANTOR DPRD JEMBER SAAT UNJUK RASA TOLAK UU CIPTA KERJA   MENKO KEMARITIMAN DAN INVESTASI LUHUT BINSAR PANDJAITAN SEBUT WORLD BANK DAN IMF APRESIASI UU CIPTA KERJA   POLRI AKAN TINDAK TEGAS DAN PROSES HUKUM SIAPA PUN YANG TERLIBAT DALAM PEREDARAN SENJATA API ILEGAL DI PAPUA   DINKES KOTA BANJARMASIN, KALSEL, SETUJUI RENCANA SEKOLAH TATAP MUKA YANG DISIAPKAN DINAS PENDIDIKAN AWAL NOVEMBER