Kompas TV regional berita daerah

Lumbung Pangan Kampung Tangguh Untuk Sambut New Normal

Kompas.tv - 3 Juni 2020, 18:16 WIB
Penulis : KompasTV Madiun

Desa joho di Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, ini menjadi salah satu desa dari tiga desa di Madiun, yang dijadikan percontohan kampung tangguh dalam penanganan covid-19 dan untuk menyambut fase normal baru, atau yang lebih dikenal dengan istilah new normal.

Dua desa lainnya yakni Desa Jogo Dayuh, Kecamatan Geger, dan Sidorejo Kecamatan Kebonsari. kampung tangguh ini meyiapkan sejumlah fasilitas bagi warga desa yang terdampak covid-19,  diantaranya ruang isolasi, lumbung pangan,lumbung informasi, serta dapur umum pos pemeriksaan di pintu dan keluar desa.

Lumbung pangan diharapkan menjadi solusi permasalahan ekonomi bagi warga terdampak covid-19. Karna warga desa dapat menyumbang beras dan kebutuhan pokok lainnya di lumbung, untuk dibagikan kepada  masyarakat yang kurang mampu. 

Setiap warga yang hendak masuk ke kampung tangguh ini, diperiksa sebagaimana protokol covid-19. diantaranya wajib bermasker, mencuci tangan dan mengisi data riwayat perjalanan dari atau keluar desa. Serta penyemprotan disinfektan terhadap sejumlah kendaraan.

Semua personil yang terlibat di kampung tangguh ini, merupakan perangkat desa, Babinsa dan Babinkamtibmas yang dibantu oleh sejumlah relawan. Diharapkan warga di kampung tangguh ini dapat menyongsong era baru dengan mandiri.

Indikator keberhasilan kampung tangguh semeru, yang menjadi program unggulan di provinsi jawa timur,  ini ditandai dengan menurunnya angka penyebaran covid-19.

 

Selanjutnya, tiga desa di setiap kecamatan di Kabupaten Madiun, akan dijadikan sebagai kampung tangguh semeru.

#beritamadiun

#kampungtangguh

#kampung

#covid19



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x