Kompas TV regional berita daerah

Hari Lahir Pancasila, Pemprov Sulut Gelar Asesmen Kader Bela Negara Secara Virtual

Kompas.tv - 2 Juni 2020, 16:32 WIB
Penulis : KompasTV Manado

Manado, Kompas.tv-Memperingati hari lahirnya Pancasila ke 75 Senin 1 Juni 2020,  Pemerintah Propini Sulawesi Utara menggelar live even kader bela negara yang digelar di ruang mapalus kantor Gubernur Sulut pada Senin siang.  Dalam kesempatan ini juga pemerintah turut memberikan materi terkait pencegahan COVID-19 dalam memasuki era new normal.


Pemerintah daerah Sulawesi Utara,  menggelar live iven asesmen kader bela negara dalam rangka memperingati hari lahirnya pancasila  ke-75 1 Juni 2020. Kegiatan ini berlangsung di ruang mapalus kantor gubernur Sulut Senin siang.  kegiatan pengkaderan kader bela negara bertemakan,  Pancasila dalam tindakan melalui gotong royong menuju Indonesia maju Sulut hebat.

Kegiatan  kader belanegara ini sebelumny telah mencapai  2500 pendaftar di Kesbangpol Daerah Sulut .  Sebanyak 500 pendaftar di tampilkan lewat aplikasi zoom untuk menerima materi secara langsung.  asesmen kader bela negara ini diikuti oleh para siswa siswi, mahasiswa, tokoh tokoh agama serta  ormas. Meski demikian ada juga puluhan peserta yang datang dan menghadiri asesmen kader bela Negara di ruang Mapalus, tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan.

Materi dibawakan secara virtual dengan pemateri  antara lain oleh gubernur Sulut Olly Dondokambey ,  Pangdam 13 Merdeka, Kapolda Sulut, Ketua Dprd Sulut, Serta Danlantamal Manado dan dipandu oleh Kepala bidang Bina Ideologi, Kewaspadaan Bangsa dan Kader Bangsa, Jhon Suak. Kegiatan asesmen pengkaderan bela negara bertujuan untuk mengajak seluruh komponen bangsa menjaga keutuhan negara ditengah pandemi COVID-19.

Kepala KebangPol Propinsi Sulawesi Utara, Steven Liow mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari upaya meningkatkan rasa nasionalisme, terutama kepada generasi muda.

“Asesmen kader bela Negara sangat penting dilakukan apalagi ditengah pandemic Covid-19. Rasa nasionalisme dan kebangsaan sangat perlu ditingkatkan terutaman bagi kalangan generasi muda di kondisi seperti sekarang ini. Dikesempatan asesmen kami juga turut menyosialisasikan pentingnya menerapkan protocol kesehatan,” tandasnya.


Salah satu peserta asesmen kader bela negara Dessi Jeremia, mengaku antusias mengikuti asesmen bela Negara, sebab menurut  MAHASISWA disalah satu perguruan tinggi di Manado ini, asesmen kader bela Negara sangat penting baginya karena dapat membentuk karakter sebagai anak bangsa, memiliki rasa nasionalisme serta kebanggaan sebagai bangsa Indonesia.

“rasa bangga kami sebagai generasi muda bisa mengikuti asesmen kader bela Negara. Apa yang kami dapat akan kami salurkan kepada teman-teman kami. Bela Negara sangat penting, karena menyangkut nilai-nilai persatuan dan kesatuan serta keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,”tambahnya.

Dalam kegiatan iven bela negara ini para peserta juga di berikan materi tentang pencegahan COVID-19 memasuki era new normal.

#kompastvmanado #harilahirpancasila #asesmen #kaderbelanegara

 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x