Kompas TV regional berita daerah

Razia Balon Udara Liar, Belasan Balon Udara Diamankan

Selasa, 2 Juni 2020 | 14:20 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Aparat Polres Kota Pekalongan, Minggu (31/5/2020) siang, melakukan razia penerbangan balon udara. Petugas berhasil menyita belasan balon udara berikut petasan dari warga. 

Petugas dari Polsek Selatan Kota Pekalongan menyisir lokasi penerbangan balon udara di Kelurahan Banyu Urip. Dalam penyisiran ini, polisi mendapati balon udara yang siap diterbangkan oleh warga, lengkap dengan petasannya.

Sepekan setelah Hari Raya Idul Fitri, masyarakat di Kota Pekalongan biasanya mempunyai tradisi menerbangkan balon udara liar tanpa ditambatkan. Penerbangan balon udara liar ini membahayakan penerbangan karena bisa menabrak pesawat yang melintas.

Dari razia ini petugas menyita 15 balon udara yang belum sempat diterbangkan oleh warga. Sementara di langit Kota Pekalongan masih terlihat balon udara liar yang diterbangkan. Balon-balon ini sengaja dilepas oleh warga yang tersebar di beberapa lokasi, dalam rangka memperingati tradisi tahunan Syawalan.

Balon-balon dengan berbagai corak dan warna ini diterbangkan dengan tenaga asap, kemudian digantungkan rangkaian petasan di bagian bawah balon yang nantinya meledak diketinggian saat balon mulai mengudara.

Dengan dibantu aparat TNI, petugas membubarkan warga yang masih berkumpul dan menghimbau untuk segera kembali ke rumah serta menghindari berkumpul. Warga juga terus diingatkan memakai masker, karena saat ini masih dilanda pandemi Covid-19.

#BalonUdara #Syawalan #KotaPekalongan

Editor : KompasTV Jateng



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
21:22
PT GARUDA INDONESIA AKHIRI KONTRAK 700 KARYAWAN AKIBAT TERDAMPAK PANDEMI COVID-19   10 PEGAWAI RSUD BATARA GURU BELOPA, KABUPATEN LUWU, SULSEL, TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19   KOMNAS PEREMPUAN MINTA BAWASLU TANGSEL TINDAK TEGAS PASLON YANG LECEHKAN RAHAYU SARASWATI DJOJOHADIKUSUMO   PETUGAS LAPAS KELAS B KUALA TUNGKAL, JAMBI, GAGALKAN PENYELUNDUPAN SABU DI DALAM PEMPEK KAPAL SELAM   RIBUAN WARGA BANGLADESH BERUNJUK RASA DI DHAKA SERUKAN BOIKOT PRODUK PERANCIS DAN ANTI-PERANCIS   POLDA JABAR KERAHKAN 14.000 POLISI UNTUK MENJAGA LIBUR CUTI BERSAMA AKHIR OKTOBER 2020   MENKO BIDANG PEREKONOMIAN AIRLANGGA HARTARTO SEBUT IZIN PENGGUNAAN VAKSIN COVID-19 SINOVAC TETAP DARI BPOM   TERPIDANA BENNY TJOKRO AJUKAN BANDING KASUS JIWASRAYA YANG MEMUTUS HUKUMAN SEUMUR HIDUP UNTUK DIRINYA   POLDA METRO JAYA KERAHKAN 2.999 PERSONEL DI PUSAT PERBELANJAAN, TEMPAT WISATA, & TITIK KERAMAIAN SAAT LIBUR PANJANG   MENAKER MENILAI UNJUK RASA YANG DILAKUKAN DALAM KONDISI PANDEMI COVID-19 TIDAK BIJAK   POLRES BANDARA SOEKARNO-HATTA TETAPKAN 3 TERSANGKA DALAM KASUS KEPEMILIKAN SENJATA API   JUBIR PONPES HUSNUL KHOTIMAH DI KUNINGAN, JAWA BARAT, MENGATAKAN 388 ORANG TELAH SEMBUH DARI COVID-19   KEMLU TELAH MEMANGGIL DUBES PERANCIS UNTUK INDONESIA, OLIVIER CHAMBARD, SOAL PERNYATAAN PRESIDEN EMMANUEL MACRON   MENLU RETNO MARSUDI: INDONESIA KECAM PERNYATAAN PRESIDEN PERANCIS EMMANUEL MACRON YANG MENGHINA AGAMA ISLAM