Kompas TV regional berita daerah

Razia Balon Udara Liar, Belasan Balon Udara Diamankan

Selasa, 2 Juni 2020 | 14:20 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Aparat Polres Kota Pekalongan, Minggu (31/5/2020) siang, melakukan razia penerbangan balon udara. Petugas berhasil menyita belasan balon udara berikut petasan dari warga. 

Petugas dari Polsek Selatan Kota Pekalongan menyisir lokasi penerbangan balon udara di Kelurahan Banyu Urip. Dalam penyisiran ini, polisi mendapati balon udara yang siap diterbangkan oleh warga, lengkap dengan petasannya.

Sepekan setelah Hari Raya Idul Fitri, masyarakat di Kota Pekalongan biasanya mempunyai tradisi menerbangkan balon udara liar tanpa ditambatkan. Penerbangan balon udara liar ini membahayakan penerbangan karena bisa menabrak pesawat yang melintas.

Dari razia ini petugas menyita 15 balon udara yang belum sempat diterbangkan oleh warga. Sementara di langit Kota Pekalongan masih terlihat balon udara liar yang diterbangkan. Balon-balon ini sengaja dilepas oleh warga yang tersebar di beberapa lokasi, dalam rangka memperingati tradisi tahunan Syawalan.

Balon-balon dengan berbagai corak dan warna ini diterbangkan dengan tenaga asap, kemudian digantungkan rangkaian petasan di bagian bawah balon yang nantinya meledak diketinggian saat balon mulai mengudara.

Dengan dibantu aparat TNI, petugas membubarkan warga yang masih berkumpul dan menghimbau untuk segera kembali ke rumah serta menghindari berkumpul. Warga juga terus diingatkan memakai masker, karena saat ini masih dilanda pandemi Covid-19.

#BalonUdara #Syawalan #KotaPekalongan

Editor : KompasTV Jateng



VIDEO REKOMENDASI

BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
08:49
BACA BERITA KOMPAS.ID, BONUS E-BOOK GRAMEDIA DIGITAL. SEGERA AKSES: KLIK.KOMPAS.ID/PAKETDIGITAL   MAKIN PRODUKTIF DENGAN KOMPAS DIGITAL & GRAMEDIA PREMIUM DIGITAL. AKSES: KLIK.KOMPAS.ID/PAKETDIGITAL   BACA ANALISIS ISU TERKINI + RIBUAN E-BOOK DIGITAL PILIHAN. AKSES: KLIK.KOMPAS.ID/PAKETDIGITAL   MENANG 8-2 ATAS BARCELONA, BAYERN MUENCHEN LANJUT KE SEMIFINAL LIGA CHAMPIONS   KEMENTERIAN PUPR SIAP SALURKAN INSENTIF PRASARANA, SARANA, DAN UTILITAS RUMAH BERSUBSIDI   WALI KOTA BOGOR BIMA ARYA IMBAU WARGA TAK GELAR LOMBA PERINGATAN HUT KE-75 RI KARENA PANDEMI KORONA   PEMKOT DENPASAR AKAN TERAPKAN SANKSI DENDA DAN SOSIAL BAGI PELANGGAR PROTOKOL KESEHATAN   PT KAI DAOP 2 BANDUNG OPERASIKAN KEMBALI 3 KERETA API JARAK JAUH KE ARAH JATENG DAN JATIM   PEMAIN BELAKANG BARCELONA ASAL PERANCIS SAMUEL UMTITI POSITIF TERINFEKSI VIRUS KORONA   KAPOLSEK JENU, TUBAN, JAWA TIMUR, BENARKAN DAGING BANTUAN PROGRAM BPNT TIDAK LAYAK KONSUMSI   WAKIL KETUA DPRD DKI ZITA ANJANI MINTA WARGA TIDAK MEMBUAT LOMBA PERINGATAN 17 AGUSTUS   PEMERINTAH SPANYOL MELARANG WARGANYA MEROKOK DI JALAN UMUM UNTUK CEGAH PENYEBARAN VIRUS KORONA   PBB TELUSURI LIMBAH BERBAHAYA BEKAS LEDAKAN DI BEIRUT, LEBANON   GIANT EXTRA MARGO CITY DITUTUP SEMENTARA AKIBAT ADA PEGAWAI YANG POSITIF COVID-19