Kompas TV nasional berita kompas tv

Setelah Lama Tutup, Sejumlah Industri dan Perkantoran Bersiap Hadapi New Normal

Kompas.tv - 1 Juni 2020, 21:46 WIB

KOMPAS.TV - Pemerintah tengah menyiapkan skenario new normal atau tatanan hidup baru bagi masyarakat.

Meski sudah dibuat aturan, tapi kebijakan ini tetap harus dilakukan secara bertahap dan sangat berhati-hati agar tak timbul kluster baru gara-gara skenario new normal.

Industri dan perkantoran bersiap menghadapi tatanan normal baru atau new normal setelah 2 bulan tutup.

Salah satu wilayah yang diizinkan menerapkan new normal adalah 15 wilayah di Jawa Barat, seperti Kabupaten Bandung Barat, Kota Banjar, Cirebon, Sukabumi dan Tasikmalaya.

Meski belum masuk wilayah yang diizinkan menjalankan new normal, tapi kawasan Industri Cikarang Kabupaten Bekasi sudah menyiapkan diri menjalankan new normal.

Pemerintah Bekasi memastikan jika perusahaan tidak mengikuti aturan normal baru akan terancam sanksi dari yang ringan, hingga pencabutan izin perusahaan. 

Kamar dagang dan industri menyambut baik kebijakan pemerintah memberlakukan new normal untuk industri dan bisnis.

Wakil Ketua Umum Kadin, Shinta Widjaja Kamdani, menyebut masing-masing sektoral industri telah menyiapkan protokol kesehatan dalam kegiatan produksi.

Aturan wajib industri dalam penerapan new normal, aturan jam kerja yang tak terlalu panjang, physical distancing antar karyawan, penyediaan sarana kebersihan seperti handsanitizer dan sarana cuci tangan. 

Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia DKI Jakarta, telah melakukan persiapan, jelang pemberlakuan new normal, atau tatanan hidup baru, di pusat perbelanjaan.

Meskipun belum ada kepastian kapan pembukaan pusat perbelanjaan, APPBIDKI Jakarta mengaku telah menerima surat edaran dari kementerian kesehatan dan kementerian perdagangan mengenai protokol kesehatan.

Persiapan pembukaan pusat perbelanjaan dilakukan pihak pengelola, mulai dari melatih karyawan, menyiapkan perlengkapan kesehatan seperti cairan pembersih tangan serta mengatur sistem jarak pengunjung.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x