Kompas TV regional berita daerah

Jelang Normal Baru, Pedagang Pasar Rapid Test

Kompas.tv - 31 Mei 2020, 11:08 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV –  Ratusan pedagang di 4 pasar tradisional kawasan Kota Jember Jawa Timur menjalani rapid test pada Kamis pagi (28/05). Rapid test dilakukan untuk mempersiapkan penerapan normal baru di pasar tradisional.

Rapid test dilakukan secara mendadak terhadap ratusan pedagang di 4 pasar tradisional, yakni Pasar Pelita dan Kepatihan, yang ada di Kecamatan Kaliwates, serta Pasar Bungur dan Kreongan, yang ada di Kecamatan Patrang Kabupaten Jember.

Jubir Satgas Penanganan Covid 19 Jember, Gatot Triyono mengatakan rapid test di kalangan pedagang penting dilakukan, mengingat pasar tempat berkerumunnya orang, sehingga rentan terjadi penularan virus corona.

Selain itu, rapid test untuk mempersiapkan pedagang dalam menghadapi kenormalan baru, yang rencananya akan dterapkan oleh Pemerintah Pusat.

Gugus tugas penanganan Covid-19 Kabupaten Jember menargetkan 5.750 pedagang pasar tradisional harus sudah rapid test sebelum bulan Juni 2020. Namun masih banyak pedangan yang belum terdata dan akan segera didata.

Rapid test pedagang pasar tradisional untuk mendeteksi dini penularan virus corona melalui antibodi. Bagi pedangan yang reaktif, akan dilakukan test swab untuk mengetahui jenis virusnya.

Sementara itu, hingga 29 Mei 2020, jumlah pasien Covid-19 di Jember mencapai 33 orang, dengan rincian 3 pasien meninggal dunia, 6 orang sembuh dan 24 orang masih dirawat di rumah sakit.

#RapidTest #PedagangPasar #Jember



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x