Kompas TV video cerita indonesia

Perajin Mebel Banting Setir Buat APD

Kompas.tv - 29 Mei 2020, 15:20 WIB
Penulis : Aryo bimo

MANADO, KOMPAS.TV - Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau UMKM merupakan salah satu sektor yang terimbas pandemi covid-19. Seorang pengusaha mebel di Manado, Sulawesi Utara, terpaksa memutar otak untuk tetap bisa menghidupi keluarga.

Perajin mebel bernama Sisko Kondoy kini banting setir membuat Alat Pelindung Diri atau APD, demi bertahan hidup akibat pandemi covid-19. Bisnis mebel yang sudah digelutinya sejak tahun 2006, kini sepi peminat. Omsetnya pun anjlok hingga 80 persen.

Sisko yang memiliki 18 orang karyawan harus memutar otak untuk tetap menghidupi keluarga sekaligus mempertahankan kelangsungan bisnisnya. Sisko pun membatasi produksi mebel dan mencoba untuk membuat APD.

APD yang diproduksi Sisko memiliki kualitas baik dan sudah memenuhi standar untuk digunakan tenaga medis atau fasilitas kesehatan. Setiap harinya Sisko dan karyawannya mampu memproduksi 500 buah APD.  

Menurut Sisko, hasil penjualan APD mampu membuat usahanya bertahan. Sisko menambahkan, dirinya tetap semangat dan optimis bahwa inovasi menjadi salah kunci untuk bertahan hidup di tengah pandemi.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x