Kompas TV nasional kompas malam

Percepat Deteksi Corona, Mobil Lab Dikirim ke Surabaya

Kamis, 28 Mei 2020 | 05:30 WIB

SURABAYA, KOMPAS.TV - Pemerintah mengirimkan dua mobil laboratorium ke Surabaya, Jawa Timur, setelah angka kasus positif corona di Jawa Timur terus meningkat.

Mobil lab bio safety level 2 ini mampu mendeteksi ODP dan PDP dalam waktu 40 menit dengan menggunakan PCR teknologi terbaru dari Korea Selatan.

Pemerintah pusat juga mengupayakan 3 alat tes mobile, untuk Lumajang, Sidoarjo dan Surabaya.

Upaya ini diharapkan dapat mempercepat deteksi penyebaran virus corona di Jawa Timur.

Presiden Joko widodo meminta jajarannya untuk memeriksa tingkat kesiapan di setiap daerah dalam pengendalian virus Corona.

"Dalam rangka persiapan new normal ini saya juga minta tolong dicek tingkat kesiapan setiap daerah dalam pengendalian virus ini (corona)," ujar Jokowi, saat memimpin rapat kabinet terbatas lewat video conference, Rabu (27,5,2020).

Jokowi menjelaskan, terutama untuk daerah-daerah yang tingkat penularannya masih tinggi. Angka atau Kurvanya masih naik.

"Saya sudah perintahkan kepada Ketua Gugus Tugas, Panglima TNI, Kapolri untuk Jawa Timur misalnya, untuk kita tambah bantuan pasukan, aparat di sana agar bisa menekan, kurvanya agar tidak naik lagi," tutur Jokowi.

Selain Jawa Timur, Presiden Jokowi juga meminta Gugus Tugas Covid-19, Panglima TNI dan Polri untuk membantu menekan persebaran virus Corona (COvid-19) di sejumlah daerah yang angkanya masih tinggi.
 
 

Penulis : Merlion Gusti





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
02:46
JUMLAH KASUS KORONA DI MESIR: 232.905 POSITIF, 174.217 SEMBUH, 13.655 MENINGGAL DUNIA   MESIR LARANG PERAYAAN IDUL FITRI SECARA MASSAL SEIRING NAIKNYA KASUS COVID-19 HARIAN   PFIZER DAN BIONTECH SEPAKAT MENYUPLAI VAKSIN COVID-19 UNTUK PESERTA OLIMPIADE TOKYO   SELANDIA BARU MENYATAKAN KOMITMEN UNTUK MENGIKUTI OLIMPIADE TOKYO TAHUN INI   LEBIH DARI 100 WARGA BERLINDUNG KE KANTOR BUPATI PUNCAK, PAPUA, SAAT KKB LEPASKAN TEMBAKAN   INDONESIAN PUBLIC INSTITUTE SEBUT PENYELESAIAN KONFLIK DI PAPUA PERLU PENDEKATAN KOLABORATIF   DENSUS 88 TANGKAP DPO TERDUGA TERORIS DI SUKABUMI   HARI PERTAMA LARANGAN MUDIK, JAM OPERASIONAL PENERBANGAN PESAWAT DI BANDARA EL TARI KUPANG HANYA BERLANGSUNG 6 JAM   SEBANYAK 53 ORANG DI RUTAN BATUSANGKAR, SUMBAR, POSITIF TERINFEKSI COVID-19   SATU PENUMPANG PESAWAT DARI BANDARA AHMAD YANI SEMARANG POSITIF COVID-19, 12 ORANG DI”TRACING”   PENGELOLA BANDARA AHMAD YANI SEMARANG MENGAKU LALAI SOAL PENUMPANG POSITIF COVID-19 BISA TERBANG   MENKO PEREKONOMIAN AIRLANGGA HARTARTO SEBUT PEMERINTAH AKAN BERI INSETIF PAJAK UNTUK SEKTOR RITEL   DINKES SULAWESI TENGAH: 83.338 ORANG DI 13 KABUPATEN DI SULTENG TELAH DIVAKSIN COVID-19   MANTAN KOMISIONER KPK LAODE M SYARIF KECEWA MK TOLAK PERMOHONAN UJI FORMIL UU KPK