Kompas TV nasional kompas siang

Hindari Kerumunan, Zakat Fitrah Dilakukan Daring

Sabtu, 23 Mei 2020 | 15:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV -  Pandemi Covid-19 banyak mengubah kebiasaan dan aktivitas, tak terkecuali di bulan Ramadan ini.

Guna meminimalisasi perjumpaan, sosialisasi pembayaran zakat secara daring terus digaungkan.

Setiap tahun, umat muslim yang berkecukupan di seluruh dunia menunaikan Zakat Fitrah sebagai Rukun Islam ke-4, yang dilaksanakan pada bulan Ramadan. 

Kini zakat dapat dibayarkan melalui sistim daring. Ini juga meminimalisir perjumpaan, seperti imbauan untuk menekan penyebaran Covid-19.

Baznas, yang merupakan lembaga bentukan pemerintah bertugas merencanakan, mengumpulkan, menyalurkan hingga melaporkan penggunaan zakat dari masyarakat, tengah mengencarkan zakat fitrah daring.

Pembayaran zakat secara online ini memang kita sediakan semua, layanannya secara online juga jadi mulai dari formulirnya online.

Metode pembayarannya juga secara online baik itu bank transfer maupun pembayaran sistem online maupun niat atau akad yang biasanya disampaikan oleh amil sekaligus doanya juga itu kita sediakan secara online jadi niat zakat nya kita sediakan secara online di website dan juga doa yang disampaikan oleh amil itu kita sampaikan melalui email.


nantinya zakat akan didistribusikan langsung kepada mustahik, guna menghindari adanya kerumunan.

Zakat akan dibagikan dalam bentuk beras yang didatangkan dari petani binaan, petani ini berasal dari karawang sukabumi dan serang.
 
 

Penulis : Merlion Gusti


BERITA UTAMA

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
17:50
PEMPROV DKI JAKARTA SIAP MENGHADAPI BANDING WARGA KORBAN BANJIR JAKARTA 2020   DUKUNG PENANGANAN "STUNTING", KEMENDAGRI BERI AKSES DATA PENDUDUK KE BKKBN   CKOMPOLNAS MEMINTA POLRI TRANSPARAN DALAM PENGAWASAN DAN PEMBINAAN PAM SWAKARSA   MENDAGRI MINTA GUBERNUR PASTIKAN PENINGKATAN CAPAIAN PEMENUHAN HAK ANAK   PEMKAB CIREBON SIAPKAN ANGGARAN RP 1 MILIAR UNTUK OPERASIONAL VAKSINASI DARI BIAYA TIDAK TERDUGA   KEPALA KSP MOELDOKO TEGASKAN KOMITMEN PEMERINTAH DALAM PEMBERANTASAN KORUPSI   KEMENKO PMK: MASALAH KONSUMSI ROKOK REMAJA HARUS SEGERA DIATASI   KEMENKO PMK: PEMERINTAH AKAN NAIKKAN HARGA ROKOK DI PASARAN   KEMENTERIAN AGAMA PASTIKAN WAKAF UANG HANYA DIINVESTASIKAN LEWAT PRODUK KEUANGAN SYARIAH   IKATAN DOKTER INDONESIA: KEMATIAN TENAGA MEDIS INDONESIA AKIBAT COVID-19 TIGA BESAR DI DUNIA   SUDINKES JAKARTA SELATAN KLAIM KAMAR PERAWATAN PASIEN COVID-19 MASIH CUKUP   PEMKOT MATARAM, NTB, HENTIKAN SEMENTARA SIMULASI BELAJAR TATAP MUKA, KECUALI SISWA KELAS AKHIR    DINKES: TEMPAT TIDUR ICU UNTUK PASIEN COVID-19 DI JAKARTA BARAT YANG SUDAH DIGUNAKAN CAPAI 92,6 PERSEN    PRESIDEN JOKOWI TARGETKAN ANGKA "STUNTING" DI INDONESIA TURUN MENJADI 14 PERSEN PADA 2024