Kompas TV video cerita indonesia

Keindahan Air Terjun Pinggir Pantai Umbul Waru

Kompas.tv - 19 Mei 2020, 12:55 WIB
Penulis : Theo Reza

BLITAR, KOMPASTV - Air Terjun Umbul Waru Di Desa Sidomulyo Kecamatan Bakung Kabupaten Blitar. Air terjun ini memiliki ketinggian lebih dari 80 meter ini dan memiliki keunikan yang berada tepat di tepi pantai.

Di pantai ini, para wisatawan dapat menikmati keindahan air terjun yang jatuh langsung ke batu karang.

Selain lokasinya yang unik, Air terjun Umbul Waru juga memiliki keistimewaan lainya yakni debit air tidak pernah kering meski musim kemarau tiba.

Bagian dinding air terjun tersusun dari berbagai batuan kapur yang memiliki sejumlah rongga. hal itulah yang membuat air terjun Umbul Waru nampak sangat indah jika dilihat dari kejauhan.

Selain memiliki air terjun yang masih alami, Pantai umbul waru juga mempunyai pesona lain yakni pasir pantainya yang berwana putih.

Pantai Umbul Waru juga di kelilingi bukit kapur yang memiliki relif unik akibat tergerus air laut. Sejumlah pohon pandan pantai juga tumbuh subur dan menambah kesan ridang di pantai Umbul Waru.

Meski menyimpan sejuta keindahan, namun para wisatawan tidak bisa setiap saat berkunjung ke pantai dan air terjun Umbul Waru karena lokasinya yang curam dan ombaknya yang besar.

Pantai Umbul Waru sendiri berbatasan langsung dengan samudera hindia sehingga memiliki karekter ombak yang besar.

Lokasi pantai Umbul Waru sendiri berjarak 30 kilometer dari Kota Blitar dan berada di dalam hutan jati sehingga keasriannya masih sangat terjaga.

Untuk menuju pantai, wisatawan juga harus berjalan kaki dan menuruni bukit kapur selama 1 jam.

Dinas Pariwisata Kabupaten Blitar sendiri belum membuka pantai dan air terjun Umbul Waru untuk umum.

Namun selama ini sejumlah petualang dan pencinta alam sudah banyak yang berkunjung ke salah satu wisata alam terbaik di Kabupaten Blitar tersebut.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x