Kompas TV nasional berita kompas tv

Anies Ajak Pengusaha Gotong-royong Bantu Sesama Lewat Program KSBB Jakarta

Kompas.tv - 2 Mei 2020, 22:25 WIB
anies-ajak-pengusaha-gotong-royong-bantu-sesama-lewat-program-ksbb-jakarta
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberi keterangan evaluasi Pembatasan Sosial Berskala Besar di DKI Jakarta, Jumat (1/5/2020). (Sumber: Tangkapan gambar dari youtube Pemprov DKI)
Penulis : Johannes Mangihot

JAKARTA, KOMPASTV – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengajak para pengusaha untuk bergotong-royong membantu sesama yang mengalami kesulitan di tengah wabah virus corona.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menilai bantuan tidak melulu datang dari pemerintah, warga yang mampu juga dapat bergotong-royong memberi bantuan sosial kepada warga miskin maupun rentan miskin.

“Kami di Pemprov DKI tidak ingin program yang bersifat bantuan itu harus selalu bersumber dari negara, justru kita ini memfasilitasi bertemunya antara yang bisa memberi dan membutuhkan," ucap Anies, Sabtu (2/5/2020). Dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: Cara Kerja Program Baru Anies yang Disebut KSBB, Ini Dia Selengkapnya

Anies menambahkan Pemprov DKI Jakarta telah membuat program bantuan untuk warga yang terdampak virus corona. Program tersebut bernama Kolaborasi Sosial Berskala Besar (KSBB) untuk membantu warga terdampak Covid-19.

Masyarakat dapat membuka platfom tersebut di https://corona.jakarta.go.id/id/kolaborasi-sosial-berskala-besar.

Sistem yang dibuat dalam program ini, sambung Anies, individu atau pengusaha dapat melihat data RW, panti asuhan, hingga rumah perawatan penyandang disabilitas yang bisa dibantu. Bukan sistem penyaluran bantuan yang dikelola oleh pemerintah.

"Platform dari KSBB justru membangun hubungan langsung antara yang memberi dan yang menerima," ujarnya.

Baca Juga: Anies: Jakarta Sudah Untungkan Kalian, Mari Bayar Kembali ke Jakarta

Adapun data yang didapat, ada 2.000 RW di DKI Jakarta dan panti asuhan, asrama sekolahan, rumah perawatan penyandang disabilitas, dan juga kelompok-kelompok lain yang membutuhkan bantuan karena terdampak Covid-19.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x