Kompas TV regional berita daerah

Kisah Keluarga Asal Rusia Terjebak di Lombok Imbas Covid-19, Mengamen Demi Bertahan Hidup

Kompas.tv - 30 April 2020, 19:41 WIB
kisah-keluarga-asal-rusia-terjebak-di-lombok-imbas-covid-19-mengamen-demi-bertahan-hidup
WNA Rusia bersama Anak dan Istrinya terpaksa harus dipulangkan ke Kantor Konsulat Rusia di Bali, karena kedapatan. mengamendan mencari nafkah di Lombok. (Sumber: KOMPAS.com/FITRI R)
Penulis : Tito Dirhantoro

MATARAM, KOMPAS TV - Satu keluarga warga negara asing asal Rusia terdiri atas suami Mikhail (29), istri Ekaterina (28) dan anaknya yang masih balita bernama Serafina (2) kedapatan mengamen di salah satu pasar tradisional di Mataram, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Kisah keluarga kecil yang mengamen menggunakan alat musik accordion untuk membiayai hidup selama di Lombok ini lantas viral setelah sejumlah orang mengunggahnya ke media sosial.

Karena kegiatannya mengamen itulah, oleh pihak imigrasi Mataram mereka akhirnya diamankan. Setelah itu diserahkan ke Konsulat Rusia di Bali pada Kamis (30/4/2020).

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPA Mataram, Syahrifullah, mengatakan saat diamankan mereka beralasan tak bisa kembali ke negaranya karena sedang lockdown. Dari pengakuannya, mereka kehabisan biaya hidup dan terpaksa mengamen.

Namun demikian, pihak Imigrasi Mataram tetap menjalankan prosedur pemeriksaan terhadap warga negara asing, terlebih di musim pandemi Covid-19 ini. 

Baca Juga: Viral Video WNA Sedang Berpesta di Bali, Gubernur Bali : Coba Dicek, Itu Video Lama

"Mereka mengemis, ya ngamen dan dapat uang dari warga yang kasihan. Uangnya mereka pakai membeli kebutuhan makan, kami dapat laporan dan langsung melacak keberadaan mereka," kata Syahrifullah seperti dikutip Kompas.com pada Kamis (30/4/2020).

Syahrifullah dan petugas Imigrasi mengecek kelengkapan dokumen keluarga asal Rusia itu dan tak ada masalah terkait waktu ijin tinggal mereka.

Kesalahan mereka, kata Syahrifullah, karena melakukan aktifitas mengamen atau bermain musik untuk mencari keuntungan berupa uang.

"Karena saat ini tengah terjadi pandemi Covid-19, maka kami memberi kelonggaran. Jika tak ada Covid-19 saya pasti akan tindak tegas. Mereka hanya boleh berwisata di Lombok, bukan melakukan kerja atau aktivitas seperti mengamen atau mengemis, " ujar Syahrifullah.

Jalani Rapid Test

Tapi untuk mengirim mereka ke Konsukat Rusia di Bali, kata Syahriffullah, sebenarnya tidaklah mudah, karena penyeberangan maupun penerbangan dari dan menuju Lombok ditutup total, terkecuali untuk logistik dan keperluan mendesak. 

Namun warga Rusia ini diberikan kelonggaran untuk bisa menyeberang ke Bali agar bisa dikirim ke pihak Konsulat Rusia.

Baca Juga: 208 WNA China Tertahan di Terminal Keberangkatan Bandara Soetta, Ini Penjelasan Imigrasi

"Mereka akan bertemu pihak konsulat di sana, akan diberikan jaminan hidup, dibiayai sampai situasi telah memungkinkan mereka kembali ke Rusia, semua sudah kami komunikasikan dan koordinasikan dengan pihak Konsulat Rusia," kata Syahrifullah.

Tapi sebelum menyeberang ke Bali, warga Rusia itu harus menjalani rapid tes terlebih dahulu di Kantor Kesehatan Pelabuhan untuk memastikan keamanan perjalanan mereka ke Bali. Sebelumnya mereka juga telah menjalani rapid tes dan hasilnya tidak reaktif.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Advertorial

Madiun Maju Mendunia | VVIP

27 April 2024, 15:37 WIB

Close Ads x