Kompas TV internasional kompas dunia

Kisah Dokter Arab Penolong Pasien Virus Corona di Rumah Sakit Israel

Kompas.tv - 29 April 2020, 05:30 WIB
kisah-dokter-arab-penolong-pasien-virus-corona-di-rumah-sakit-israel
Dokter Khitam Hussein memimpin garis depan melawan wabah virus corona di Rumah Sakit Rambam dekat Haifa. Ia bekerja selama 12 jam selama berbulan-bulan (Sumber: AFP/Ahmad GHARABLI)
Penulis : Johannes Mangihot

KOMPASTV -  Dokter Khitam Hussein setiap hari bangun lebih pagi dari suami dan anaknya. Ia langsung bergegas meninggalkan keluarga untuk mengecek kondisi para pasiennya di Rumah Sakit Rambam, Israel.

Rumah sakit itu terbesar di Israel Utara, Hussein bekerja selama 12 jam sehari selama berbulan-bulan. Sebelum subuh, Hussein bergegas untuk kembali di garis depan dalam melawan virus corona di Israel.

Terkadang ia pulang larut malam di saat anak-anaknya sudah terlelap. Sejak pandemi Covid-19. waktu bersama keluarga harus tersita. 

Baca Juga: Kisah Dua Dokter di Wuhan Kulitnya Menghitam karena Corona

Kasus pasien positif virus corona di Israel tercatat mencapai 15.000 kasus, dengan angka kematian sebanayk 202 kasus.

"Ini pekerjaan yang sangat sulit, tidak ada hari seperti hari lain," ujar Hussein seperti dikutip AFP, Rabu (29/4/2020).

Hussein menjadi perwakilan komunitas Arab-Israel yang selama ini terpinggirkan. Ia menjadi salah satu orang yang berperan penting dalam menghadapi krisis kesehatan yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Bangsa Arab Israel adalah keturunan orang Palestina yang tetap tinggal di tanah mereka pada tahun 1948, tahun negara Israel menyatakan kemerdekaannya.

Baca Juga: Fakta Dokter Muda Meninggal Dunia yang Rela Tunda Pernikahan Demi Tangani Corona



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x