Kompas TV regional berita daerah

Viral Kakak Beradik Kelaparan Hingga Kurus Kering, Begini Fakta Sebenarnya

Kompas.tv - 22 April 2020, 17:23 WIB
viral-kakak-beradik-kelaparan-hingga-kurus-kering-begini-fakta-sebenarnya
Foto saat personel TNI-Polri memberikan bantuan pada kedua kakak beradik Daluna dan Rohima di Kecamatan Gelumbang Muara Enim yang videonya viral karena dikatakan kelaparan karena dua hari tidak makan. (Sumber: KOMPAS.com/Amriza Nursatria)
Penulis : Tito Dirhantoro

MUARAENIM, KOMPAS TV - Sebuah video berdurasi 24 detik memperlihatkan dua pemuda di Muara Enim, Sumatera Selatan, kurus kering karena kelaparan. Mereka disebut sudah tak makan selama dua hari.

Video yang kemudian viral itu sempat menghebohkan warga Sumatera Selatan. Beruntung kakak beradik yang sudah lemah karena kelaparan itu terungkap setelah personel TNI-Polri membagikan sembako untuk korban terdampak Covid 19.

Dalam video itu tampak personel TNI dan Polri yang sedang mendatangi sebuah rumah yang ditempati kakak beradik itu. 

Saat mereka masuk ditemukan dua kakak beradik yang  tubuhnya lemah diduga karena belum makan. Salah satunya bahkan hanya tergeletak di tempat tidur dengan kondisi tubuh kurus kering.

Baca Juga: Hotman Paris Geram Lihat Video Viral Warga Muara Enim Kelaparan Hingga Kurus Kering

Kabar ini lantas membuat Kapolres Muara Enim, AKBP Donny Eka Syahputra, bergerak cepat dengan mendatangi kedua remaja itu. 

Diketahui kedua remaja kakak beradik itu bernama Daluna (23) dan Rohima (21). Mereka tinggal bersama kakaknya yang juga tidak bekerja. Sedang kedua orang tuanya sudah meninggal dunia.

Kapolres Donny Eka Syahputera mengatakan, ia mendapat informasi tentang kondisi kedua kakak beradik dari anggotanya yang sebelumnya datang memberi bantuan. 

Selain itu, video kondisi kedua kakak beradik itu sempat beredar di media sosial hingga akhirnya viral. Mendapat informasi itu, ia segera memerintahkan anggotanya untuk membawa kedua kakak beradik itu ke rumah sakit untuk mendapat perawatan.

“Jadi, dari informasi yang saya terima, tidak benar jka kedua kakak beradik itu kelaparan karena tidak makan selama dua hari. Sebab, sehari sebelumnya sudah diberi makan oleh tetangga,” kata Donny pada Rabu (22/4/2020).

Kedua kakak beradik itu juga sebenarnya sudah masuk program keluarga miskin seperti PKH dan program lainnya. Bahkan rumah yang mereka tinggali pernah dibedah oleh Pemkab Muara Enim beberapa tahun lalu.

Baca Juga: Ibu Yuli Didiagnosis Meninggal karena Serangan Jantung, bukan Kelaparan

Namun karena keduanya terindikasi menderita keterbelakangan mental, maka di rumahnya tidak boleh ada dapur karena takut membahayakan keduanya. 

“Untuk makan sehari-hari mereka mendapat kiriman dari adiknya yang tinggal bersama orang tua angkatnya, situasi itulah yang membuat kedua kakak beradik itu menanyakan nasi mereka saat personel TNI dan Polri datang memberi bantuan,” ujar Donny 

Donny menambahkan, pihaknya pun sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Muara Enim untuk memberi perhatian pada kedua kakak beradik tersebut.

“Keduanya saat sudah dirawat di rumah sakit sampai sembuh dan Alhamdulillah bapak bupati sudah menjanjikan untuk memperhatikan kedua kakak beradik itu,” ucap Donny.

Baca Juga: Foto Kuitansi Rp15 Juta untuk Urus Jenazah Covid-19 Viral, RS Kena Tegur Deh!



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x