Kompas TV video cerita indonesia

Jumlah Tes Corona di Indonesia Masuk 15 Terendah di Dunia

Kompas.tv - 10 April 2020, 22:14 WIB
Penulis : Laura Elvina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Seluruh dunia saat ini terus berupaya memerangi pandemi virus corona atau Covid-19. Tes corona pun terus dilakukan di sejumlah negara, termasuk Indonesia, yang sudah melakukan rapid test dan tes swab.

Namun data dari Worldometers.info menunjukkan, jumlah tes corona di Indonesia termasuk dalam 15 terendah jika dibandingkan dengan negara lain di seluruh dunia.

Worldometer memberikan perhitungan jumlah tes corona di Indonesia dan negara lain per 1 juta orang. Hasilnya, per tanggal 10 April 2020, dari 1 juta orang di Indonesia, hanya 65 orang yang sudah mendapatkan tes corona.

Jika merujuk pada Worldometer, jumlah tes corona yang dilakukan Indonesia adalah 17.679 orang. Data ini berbeda dengan yang diumumkan pemerintah.

Juru bicara penanganan Covid-19 di Indonesia, Achmad Yurianto mengatakan, hingga Jumat (10/4/2020), pemerintah telah melakukan tes swab kepada 19.500 orang.

"Sampai hari ini sudah ada lebih dari 19.500 orang yang menjalani pemeriksaan berbasis pada molekuler dengan menggunakan real time PCR," kata Yurianto dalam konferensi pers Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Graha BNPB, Jakarta, Jumat (10/4/2020).

Jumlah dari pemerintah tersebut tidak jauh berbeda dengan worldometer, mengingat Indonesia adalah negara dengan populasi besar. Dari total 270 juta penduduk Indonesia, jumlah tes corona bahkan kurang dari 20.000 orang.

Bahkan, jika dibandingkan dengan Djibouti, sebuah negara kecil di bagian timur Afrika, sudah melakukan tes corona sebanyak 3.440 kali. Padahal populasi negara tersebut kurang dari 1 juta orang.

Baca Juga: Lebih Canggih dari Rapid Test, Kementerian BUMN Datangkan Alat PCR dari Swiss Untuk Tes Corona



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x