Kompas TV nasional aiman

Keberhasilan PSBB Tergantung Penegakan Hukum - AIMAN (Bag 4)

Kompas.tv - 7 April 2020, 23:25 WIB
Penulis : Yudho Priambodo

Pada Selasa (7/4), pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan telah menyetujui status Pembatasan Sosial Berskala Besar untuk DKI Jakarta. Pasca persetujuan tersebut, Kementerian Kesehatan meminta Pemprov DKI Jakarta untuk fokus pada keselamatan warga. Status PSBB akan dimulai pada Jum’at (10/4) mendatang, dan akan diterapkan selama 14 hari.

Namun, menurut Analis Kebijakan Publik, Trubus Rahardiansyah, saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diberlakukan, penegakan hukum akan lebih masif. Ini dikarenakan ketakutan warga berkurang untuk mengisolasi diri, ditambah lagi istilah yang dipakai bukanlah karantina. Lalu bagaimana Jakarta menghadapi PSBB selama 14 ke depan?

Selain DKI Jakarta, daerah Tangerang Selatan juga mengalami peningkatan jumlah kasus virus Korona. Dalam penampilan pertamanya di layar televisi sejak virus Korona merebak, Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany, menyampaikan bahwa terlepas dari istilah PSBB atau karantina wilayah, yang terbaik ialah penanganan bagi masyarakat, meski dengan segala keterbatasan. 

Jurnalis KompasTV Aiman Witjaksono bersama dengan Analis Kebijakan Publik, Trubus Rahardiansyah, mengupas efisiensi PSBB di Jakarta.

Saksikan Aiman episode Pembatasan Sosial vs Sekat Wilayah bagian keempat, berikut ini.

#Corona #Covid19 #AIMAN  



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x