HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV nasional berita kompas tv

Ini Perbedaan Virus Corona pada Hewan dan Manusia, Tidak Bisa Saling Menularkan!

Selasa, 7 April 2020 | 18:09 WIB

KOMPAS.TV - Merebaknya virus Corona di Tanah Air, kini membuat pemilik hewan peliharan mulai khawatir dan bertanya, apakah hewan peliharaan mereka dapat tertular atau turut menyebarkan virus Corona.

Ketua Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia Kalimantan Barat menegaskan, virus Corona pada hewan berbeda dengan manusia, sehingga binatang peliharaan diyakini tidak berisiko menularkan virus Corona, maupun sebaliknya.

Seiring meluasnya penyebaran virus Corona, kini muncul kekhawatiran baru, terutama bagi mereka yang memiliki hewan peliharan.

Banyak pertanyaan yang muncul terkait, apakah hewan peliharaan bisa tertular virus Corona.

Kekhawatiran dan pertanyaan-pertanyaan ini muncul karena beredarnya kabar, dua ekor kucing dan satu anjing di Tiongkok dan Belgia terinfeksi virus Corona dari pemiliknya.

Menanggapi hal ini, Ketua Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia Cabang Kalimantan Barat menenangkan, bahwa sebagian besar binatang peliharaan tidak terlalu berisiko tertular virus Corona.

Selain itu, pemilik hewan peliharaan juga diimbau untuk tidak khawatir binatang peliharaan dapat menyebarkan Covid-19 ke manusia.

Virus Corona memiliki dua family, yakni Alpha Corona Virus merupakan jenis yang menular pada hewan, dan Bheta Corona Virus yang dapat menular pada manusia.

Karena memiliki perbedaan, kedua virus ini tidak dapat saling menularkan satu sama lain.

Selain itu, organisasi kesehatan dunia, WHO, menyatakan belum ada laporan kasus binatang peliharan yang menularkan virus Corona ke manusia.

Meski demikian, WHO tetap mengimbau agar pemilik hewan peliharaan tetap melakukan langkah-langkah pencegahan dengan menjaga kebersihan dan rajin mencuci tangan.

Editor : Aleksandra Nugroho



BERITA LAINNYA

Berita Daerah

Pendapatan PDAM Kendari Menurun

Selasa, 2 Juni 2020 | 12:06 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
12:20
SEBANYAK 16 TITIK POS FILTERISASI ARUS BALIK POLDA JATENG PUTAR BALIKAN 5.410 KENDARAAN KE DAERAH ASAL   POLDA METRO JAYA MENCATAT ADA 3.637 KENDARAAN YANG DIMINTA PUTAR BALIK SAAT ARUS BALIK   JUMLAH PELANGGARAN HARI KE-38 OPS KETUPAT 2020, 7.273 KENDARAAN DITILANG & MENDAPAT TEGURAN   HARI KE-38 OPS KETUPAT 2020, JUMLAH KENDARAAN PEMUDIK YANG DIMINTA PUTAR BALIK SEBANYAK 124.358 KENDARAAN   KORLANTAS: ADA 45.903 KENDARAAN YANG DIMINTA PUTAR BALIK SELAMA ARUS BALIK HARI KE-38 OPS KETUPAT 2020   BMKG MEMPREDIKSI SELURUH WILAYAH DKI JAKARTA CERAH BERAWAN SEPANJANG HARI INI   POLRES METRO BEKASI PASTIKAN PELAYANAN PERPANJANGAN SIM TETAP TERAPKAN PROTOKOL PENCEGAHAN COVID-19   POLRES METRO BEKASI KEMBALI BUKA PELAYANAN PERPANJANGAN SIM MULAI HARI INI   CALON PENUMPANG AKAN LEWATI "CHECK POINT" DI BANDARA BERUPA VERIFIKASI DOKUMEN HINGGA PEMERIKSAAN KESEHATAN   PENERAPAN "NEW NORMAL", PT ANGKASA PURA II IMBAU CALON PENUMPANG DATANG 3-4 JAM SEBELUM PENERBANGAN   NURHADI & REZKY BERSTATUS BURON SEJAK 13 FEBRUARI 2020 SETELAH BEBERAPA KALI MANGKIR DARI PANGGILAN KPK   NURHADI & REZKY MERUPAKAN TERSANGKA KASUS DUGAAN SUAP SERTA GRATIFIKASI TERKAIT PENANGANAN PERKARA DI MA   MANTAN SEKRETARIS MA NURHADI DITANGKAP SAAT KPK GELEDAH RUMAH DI KAWASAN SIMPRUG, JAKSEL   KPK TANGKAP MANTAN SEKRETARIS MA NURHADI & MENANTUNYA, REZKY HERBIYONO PADA 1 JUNI 2020