Kompas TV nasional berita kompas tv

Ini Perbedaan Virus Corona pada Hewan dan Manusia, Tidak Bisa Saling Menularkan!

Kompas.tv - 7 April 2020, 18:09 WIB
Penulis : Aleksandra Nugroho

KOMPAS.TV - Merebaknya virus Corona di Tanah Air, kini membuat pemilik hewan peliharan mulai khawatir dan bertanya, apakah hewan peliharaan mereka dapat tertular atau turut menyebarkan virus Corona.

Ketua Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia Kalimantan Barat menegaskan, virus Corona pada hewan berbeda dengan manusia, sehingga binatang peliharaan diyakini tidak berisiko menularkan virus Corona, maupun sebaliknya.

Seiring meluasnya penyebaran virus Corona, kini muncul kekhawatiran baru, terutama bagi mereka yang memiliki hewan peliharan.

Banyak pertanyaan yang muncul terkait, apakah hewan peliharaan bisa tertular virus Corona.

Kekhawatiran dan pertanyaan-pertanyaan ini muncul karena beredarnya kabar, dua ekor kucing dan satu anjing di Tiongkok dan Belgia terinfeksi virus Corona dari pemiliknya.

Menanggapi hal ini, Ketua Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia Cabang Kalimantan Barat menenangkan, bahwa sebagian besar binatang peliharaan tidak terlalu berisiko tertular virus Corona.

Selain itu, pemilik hewan peliharaan juga diimbau untuk tidak khawatir binatang peliharaan dapat menyebarkan Covid-19 ke manusia.

Virus Corona memiliki dua family, yakni Alpha Corona Virus merupakan jenis yang menular pada hewan, dan Bheta Corona Virus yang dapat menular pada manusia.

Karena memiliki perbedaan, kedua virus ini tidak dapat saling menularkan satu sama lain.

Selain itu, organisasi kesehatan dunia, WHO, menyatakan belum ada laporan kasus binatang peliharan yang menularkan virus Corona ke manusia.

Meski demikian, WHO tetap mengimbau agar pemilik hewan peliharaan tetap melakukan langkah-langkah pencegahan dengan menjaga kebersihan dan rajin mencuci tangan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x