Kompas TV nasional berita kompas tv

Peduli Covid-19, Kementerian LHK Bagikan Sabun Cuci Tangan Gratis

Kompas.tv - 3 April 2020, 12:10 WIB
peduli-covid-19-kementerian-lhk-bagikan-sabun-cuci-tangan-gratis
Pembagian sabun cuci tangan dan pamflet cara cuci tangan yang benar oleh KLHK di Sunter, Jakarta Utara, Rabu (1/4/2020). (Sumber: Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan)
Penulis : Laura Elvina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), melakukan antisipasi meluasnya penyebaran virus Corona atau Covid-19, dengan mengampanyekan pentingnya mencuci tangan.

Berkerja sama dengan Komunitas Ciliwung, KLHK membagikan sabun cuci tangan disertai pamflet tata cara cuci tangan yang benar, dan masker kepada masyarakat. Kegiatan ini dilaksanakan sejak Sabtu (28/3/2020) hingga Rabu (1/4/2020), dan dipimpin langsung oleh Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan, M.R. Karliansyah.

Sebanyak 33.430 sabun cuci tangan dibagikan kepada 9.920 kepala keluarga yang ada di 23 komplek permukiman. Selain itu sebanyak 11.918 batang sabun cuci tangan juga dibagikan di 12 pasar tradisional. 

Tidak hanya itu, KLHK juga memberikan 100 kotak atau 4000 masker kepada 12 pelayanan kesehatan masyarakat.

"Pemilihan lokasi pemukiman didasarkan atas pertimbangan peta sebaran Covid-19 Jabodetabek. Sedangkan lokasi pasar tradisional dipilih atas dasar saran pertimbangan PD. Pasar Jaya mengingat masih banyaknya warga masyarakat, terutama para pedagang dan juga pengunjung yg belum memahami pentingnya berbudaya hidup sehat dengan cara cuci tangan," ujar M.R. Karliansyah, Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan KLHK.

Sementara sabun yang dibagikan, merupakan sumbangan Gabungan Asosiasi Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) bersama perusahaan PT. Musim Mas, Wings Group, PT. Unilever, dan PT Wilmar, yang memang memproduksi sabun dengan bahan baku minyak sawit.  

Sabun merupakan salah satu alat pembunuh virus dan bakteri yang ampuh sekaligus sebagai salah satu sarana kebersihan diri. Hal sejalan dgn prinsip KLHK yaitu membangun cara hidup bersih cuci tangan.

Penyemprotan disinfektan di Pasar Palmerah, Rabu (1/4/2020). (Sumber: Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan)

Selain membagikan sabun dan mengampanyekan cuci tangan, KLHK juga melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh area pemukiman terpilih dan pasar, termasuk seluruh kendaraan yang di parkir dengan menggunakan disinfektan organik.

Khusus di dekat Pasar Ciracas dan Cibubur, atas permintaan masyarakat, penyemprotan juga dilakukan di masjid.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x