Kompas TV internasional kompas dunia

Kreatif! Perusahaan di Italia Mengubah Masker Snorkeling Menjadi Ventilator

Rabu, 1 April 2020 | 16:56 WIB

ITALIA, KOMPAS.TV - Tingginya jumlah pasien virus corona, membuat seluruh dunia kekurangan alat bantu napas atau ventilator bagi pasien yang mengalami sesak napas. 

Hal ini membuat sebuah perusahaan di Italia berinisiatif mencari solusi kekurangan tersebut, dengan mengubah masker untuk snorkeling menjadi alat bantu napas bagi pasien.

Perusahaan ISINNOVA, memiliki teknologi katup 3D yang bisa dipasangkan di masker snorkeling bernama Easybreath. Masker tersebut dijual oleh perusahaan alat olahraga asal Prancis Decathlon. Kedua perusahaan ini kemudia bekerja sama untuk memanfaatkan masker snorkeling tersebut sebagai ventilator yang bisa digunakan oleh rumah sakit di Italia dan seluruh dunia.

"Katup ini memiliki 2 saluran, satu untuk menghirup napas, dan katup yang satunya untuk mengeluarkan napas," ujar Cristian Fracassi, CEO ISINNOVA.

Menurut Fracassi, alat snorkeling ini bisa disambungkan ke tabung sumber oksigen untuk membantu pernapasan para pasien corona yang mengalami sesak napas.

Inovasi ini dipercaya akan membantu kekurangan alat pernapasan di rumah sakit. Perusahaan Decathlon akan menyumbangkan 1.000 unit Easybreath kepada pemerintah Italia yang saat ini cukup kewalahan mengahadapi situasi pandemi di negara tersebut.

Baca Juga: WAJIB TAHU! Ini Panduan Isolasi Diri dalam Penanganan Corona

Penulis : Laura Elvina


BERITA UTAMA




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
14:18
AMERIKA SERIKAT DAN UNI EROPA TEGASKAN KRIMEA MILIK UKRAINA   SELAIN GUBERNUR SULSEL, KPK JUGA MENANGKAP 5 ORANG LAINNYA DALAM OPERASI TANGKAP TANGAN   GELAR OTT, KPK TANGKAP GUBERNUR SULAWESI SELATAN NURDIN ABDULLAH    BPBD GARUT: 109 RUMAH WARGA KAMPUNG CIPAGER, KECAMATAN CILAWU, TERDAMPAK LONGSOR   SEBANYAK 400 PRAJURIT BATALYON INFANTERI 742/SATYA WIRA YUDHA MELAKUKAN PENGAMANAN DI PERBATASAN RI-TIMOR LESTE   GUBERNUR SULTENG LONGKI DJANGGOLA MINTA WALI KOTA PALU DAN BUPATI SIGI YANG BARU TUNTASKAN TUGAS PASCABENCANA   AZERBAIJAN BERIKAN DONASI 50.000 DOLLAR AS UNTUK KORBAN GEMPA SULBAR LEWAT PMI   BMKG: WASPADA POTENSI BANJIR DI JAKARTA BAGIAN SELATAN   ARAB SAUDI TOLAK DOKUMEN INTELIJEN AS SOAL KETERLIBATAN PUTRA MAHKOTA DALAM PEMBUNUHAN JURNALIS JAMAL KHASHOGGI   AS JATUHKAN SANKSI KE PASUKAN HARIMAU ARAB SAUDI ATAS KETERLIBATAN DALAM PEMBUNUHAN JURNALIS JAMAL KHASHOGGI    SURIAH KUTUK KERAS SERANGAN UDARA AS DI WILAYAH DEIR AL-ZOR DEKAT PERBATASAN SURIAH-IRAK SEBAGAI TINDAKAN PENGECUT   FORMULA 1 ALAMI PENURUNAN PENDAPATAN RP 12,58 TRILIUN ATAU 43% DARI TAHUN SEBELUMNYA AKIBAT PANDEMI   BUPATI CIAMIS HERDIAT SUNARYA DAN WAKIL BUPATI CIAMIS YANA PUTRA POSITIF TERINFEKSI COVID-19   KEMENKES: INFORMASI WARTAWAN TERKAPAR SETELAH VAKSINASI COVID-19 ADALAH HOAKS