HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV klik360 cerita indonesia

WAJIB TAHU! Ini Panduan Isolasi Diri dalam Penanganan Corona

Rabu, 1 April 2020 | 14:13 WIB

KOMPAS.TV - Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) telah mengeluarkan protokol atau panduan saat melakukan isolasi diri selama pandemi virus corona.

Proses isolasi diri atau karantina penting dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona di Indonesia.

Ada sejumlah orang yang diharuskan untuk melakukan isolasi diri. Pertama orang yang sakit, tetapi tidak memiliki risiko penyakit penyerta lainnya.

Baca Juga: Ternyata Hoaks! WHO Tegaskan Virus Corona Tak Menular Lewat Udara

Kedua, Orang Dalam Pemantauan (ODP) yang memiliki gejala demam/gejala pernapasan dengan riwayat dari negara/area transmis lokal.

Ketiga, orang yang pernah memiliki kontak dengan pasien Covid-19.

Lalu seperti apa panduan isolasi diri yang dapat dilakukan?

- Tinggal di rumah, jangan pergi bekerja dan ke ruang publik.

- Gunakan kamar terpisah di rumah dari anggota lainnya.

- Jika memungkinkan untuk menjaga jarak setidaknya satu meter dengan anggota keluarga.

- Gunakan selalu masker selama isolasi diri.

- Lakukan pengukuran suhu harian dan observasi gejala klinis, seperti batuk dan kesulitan bernapas.

Simak selengkapnya dalam infografis berikut ini!

Editor : Desy Hartini



VIDEO REKOMENDASI

BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
13:00
MERAWAT INGATAN LEWAT CERITA BERSAMA KURATOR CERPEN KOMPAS. DAFTAR WEBINAR DI INSTITUTE.KOMPAS.ID   HINGGA 6 JULI 2020, JUMLAH KASUS KORONA DI KALIMANTAN BARAT: 339 POSITIF, 300 SEMBUH, 4 MENINGGAL DUNIA   DINKES KALIMANTAN BARAT: 68 WARGA KOTA PONTIANAK JALANI TES “SWAB” KARENA KELUAR RUMAH TIDAK MENGGUNAKAN MASKER   PEKAN DEPAN, POLISI PERIKSA LEGISLATOR PENJAMIN JENAZAH KORONA DI RSUD DAYA MAKASSAR   POLISI MENAIKKAN STATUS HUKUM KASUS PENGAMBILAN JENAZAH KORONA DI RSUD DAYA MAKASSAR KE PENYIDIKAN   PEMKOT PEKANBARU, RIAU, LAPOR POLISI SOAL DUGAAN PENCURIAN 8.800 METER KABEL LAMPU JALAN PENERANGAN UMUM   PT KAI USULKAN KE PEMERINTAH AGAR KAPASITAS PENUMPANG KRL DINAIKKAN JADI 60% GUNA KURANGI JUMLAH ANTREAN DI STASIUN   KEMENDAGRI PASTIKAN BURONAN PERKARA “CESSIE” BANK BALI, DJOKO TJANDRA, MASIH BERSTATUS WNI   KEMENDIKBUD PASTIKAN BELAJAR DARI RUMAH TIDAK AKAN PERMANEN   MENPAN RB TJAHJO KUMOLO SEBUT TIDAK ADA PENERIMAAN CPNS TAHUN 2020 DAN 2021   TERDAMPAK PANDEMI KORONA, LION AIR POTONG GAJI MANAJEMEN DAN KARYAWAN SERTA MENGURANGI KARYAWAN KONTRAK   MENTERI KELAUTAN DAN PERIKANAN (KP) EDHY PRABOWO SIAP DIAUDIT SOAL EKSPOR LOBSTER   WAKIL DIRESKRIMUM POLDA METRO JAYA SEBUT RENCANA PENYERANGAN NUS KEI DISIAPKAN OLEH 3 PELAKU   MENSESNEG PRATIKNO SEBUT PERAYAAN KARNAVAL INTERNASIONAL PERAYAAN HUT KE-75 RI DIBATALKAN AKIBAT PANDEMI KORONA