Kompas TV video cerita indonesia

Tito Karnavian Bicara Soal Lockdown

Kompas.tv - 30 Maret 2020, 16:36 WIB
Penulis : Theo Reza

JAKARTA, KOMPASTV - Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menegaskan rencana pembatasan wilayah yang dilakukan oleh kepala daerah harus turut menghitung dampak ekonomi dan kesiapan logistik untuk daerah tersebut.

Tito memerintahkan rencana pembatasan wilayah harus dikonsultasikan kepada pemerintah pusat.

Tito menekankan beberapa hal kepada kepala daerah dalam rencana pembatasan wilayah untuk memutus penyebaran covid 19 semakin meluas.

Baca Juga: Pemerintah Rencanakan Karantina Wilayah Bukan “Lockdown”, Ini Perbedaannya

Jika pembatasan wilayah dilakukan kepala daerah diharapkan dapat mempersiapkan logistik yang cukup untuk kebutuhan masyarakat.

Selain itu, Mendagri juga berpesan agar kepala daerah dapat memperhitungkan dampak ekonomi daerah jika dilakukan karantina wilayah.

“Pembatasan ini juga harus memikirkan beberapa hal: masalah tingkat penyebaran, tingkat bahaya, efektifitasnya. jika terjadi pembatasan itu, selanjutnya dipikirkan ketersediaan sumber daya dan teknis prosedur bagaimana untuk pembatasan dan mempertimbangkan aspek ekonomi, sosial dan budaya” Ujar Tito Karnavian, Menteri Dalam Negeri

Baca Juga: Tito Karnavian Ingatkan Anies Baswedan: Keputusan Lockdown di Tangan Jokowi

Oleh karena itu menurut Mendagri rencana pembatasan wilayah harus dikonsultasikan kepada pemerintah pusat dalam hal ini kepala gugus covid-19 agar dilakukan pembahasan lintas kementerian.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x