Kompas TV video cerita indonesia

Takut Pulang, Petugas Medis di Makassar Menginap di Rumah Sakit

Kompas.tv - 30 Maret 2020, 13:04 WIB
Penulis : Theo Reza

MAKASSAR, KOMPASTV - Perjuangan para petugas medis untuk mengatasi virus corona tak hanya membahayakan diri mereka, keluarga atau tetangga juga rawan terpapar virus.

Untuk mengantisipasi kemungkinan menularkan virus, sejumlah tenaga medis di Makassar memilih untuk tinggal di rumah sakit.

Salah satu rumah sakit yang kini menjadi rujukan pasien covid 19 adalah Rumah Sakit Sayang Bunda Makassar.

Baca Juga: Ini 3 Hotel yang Jadi Tempat Tinggal Sementara Petugas Medis Covid-19

Sejak mulai menerima pasien covid-19, kekhawatiran lain muncul di hati para petugas medis, mereka takut menjadi pembawa virus untuk keluarga di rumah atau tetangga. Dengan berat hari mereka pun memilih tinggal di rumah sakit.

Dilema lain juga di rasakan tenaga medis yang tinggal di rumah kos, mereka takut akan menularkan virus corona di sekitar kos. Alhasil menginap di rumah sakit menjadi pilihan terakhir bagi para tenaga medis.

Dokter spesialis anestesi yang bekerja di beberapa instansi rumah sakit rujukan covid-19 di Makassar, Dokter Hisbullah telah menyiapkan ruangan khusus di Rumah Sakit Sayang Bunda yang nantinya dapat digunakan para tenaga medis untuk menginap dan mengisolasi diri usai menangani pasien covid-19.

Baca Juga: Sudah 5.816 Orang Mendaftar Sebagai Relawan Covid-19, Ini Rincian Lengkapnya

Para petugas medis tak hanya berjuang untuk menyelamatkan pasien positif. Mereka juga tetap memikirkan keaman orang lain yang tidak terinfeksi dengan memilih tidak pulang.

Pengorbanan lain yang diberikan untuk membantu para pasien agar bisa sembuh dari virus corona.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x