Kompas TV video cerita indonesia

Jokowi Siapkan Skenario Terburuk Dampak Corona, Ini Daerah Paling Rentan

Kompas.tv - 24 Maret 2020, 14:25 WIB
Penulis : Desy Hartini

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, sudah berhitung atas dampak penyebaran pandemi virus corona (Covid-19).

Kepala Negara sudah menghitung skenario ringan, sedang, hingga buruk sampai bulan Mei 2020 mendatang.

"Beberapa skenario juga telah kita hitung, telah kita kalkulasi mengenai prediksi Covid-19 di Indonesia. Bulan April seperti apa, Mei seperti apa, skenario buruk, sedang, ringan seperti apa," kata Jokowi saat rapat dengan gubernur seluruh Indonesia lewat video conference dari Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (24/3/2020).

Baca Juga: Tegas! Jokowi Minta Gubernur Perhatikan Tiga Hal Ini Terkait Penanganan Corona!

Jokowi pun berharap skenario buruk yang sudah dikalkulasi itu tidak benar-benar terjadi.

"Saya kira kita ingin kita berada di skenario yang ringan, dan kalau betul-betul sulit dibendung ya paling tidak kita masuk ke skenario sedang. Jangan sampai masuk ke skenario yang paling buruk," kata dia.

Jokowi pun menyebut provinsi yang paling terkena dampak buruk dari Corona terkait buruh adalah di Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Kalau skenario sedang, yang terparah nanti akan berada di NTB, akan ada penurunan pendapatan kurang lebih 25 persen," kata Jokowi.

Baca Juga: Jokowi: Virus Corona Menyebar di 189 Negara, Sulit Dicegah!

Sedangkan untuk petani dan nelayan, akan terjadi penurunan pendapatan yang terparah di Kalimantan Barat.

"Kalau skenarionya sedang yang terparah nanti di Kalimantan barat akan ada penurunan pendapatan sampai 34 persen," ujar dia.

Untuk pedagang kecil, Jokowi menyebut provinsi yang paling terkena dampak adalah Kalimantan Utara dengan penurunan pendapatan 36 persen.

Sementara itu, Sumatera Utara diprediksi akan menjadi provinsi paling terkena dampak untuk sopir angkot dan bus dengan penurunan pendapatan sampai 44 persen.

"Angka-angka seperti ini mohon dikalkulasi secara detail di daerah sehingga persiapan bantuan sosial dan kota kabupaten betul-betul bisa disiapkan lewat yang tadi disampaikan," ujarnya. 

Baca Juga: [FULL] Arahan Terbaru Jokowi untuk Gubernur dalam Tangani Corona

#Jokowi #Corona #Covid19 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x