Kompas TV regional berita daerah

WNA di Bali Tewas di Atas Motor, Setelah Diperiksa Ternyata Positif Corona

Kompas.tv - 22 Maret 2020, 00:52 WIB
wna-di-bali-tewas-di-atas-motor-setelah-diperiksa-ternyata-positif-corona
Ilustrasi suasana petugas dari RS Wangaya melakukab evakuasi terhadap bule yang meninggal dunia di trotoar Jl. Imam Bonjol Denpasar. (Sumber: Tribun Bali/Zaenal Nur Arifin)
Penulis : Johannes Mangihot

BALI, KOMPASTV - Seorang Warga Negara Asing (WNA) dengan jenis kelamin laki-laki yang meninggal di atas kendaraan di jalan Imam Bonjol, Denpasar, Bali dinyatakan positif virus corona.

Peristiwa meninggalnya WNA itu terjadi pada Minggu (15/3/2020). Seorang saksi, Iba (45)  menjelaskan dirinya melihat WNA tersebut menggunakan motor dengan nomor polisi DK 4267 FL berjalan pelan di Jalan Imam Bonjol. 

Seperti diberitakan Tribun Bali, WNA tersebut juga sempat kejang-kejang dan menepi kendaraannya sebelum perempatan Imam Bonjol. Saksi sempat menduga bahwa WNA tersebut dalam keadaan mabuk. 

Baca Juga: Jumlah ODP Covid-19 di NTT Bertambah Jadi 91 Orang, Ratusan Polisi Dikerahkan Pantau WNA

Diketahui, saat menepi WNA tersebut tak sadarkan diri lalu tewas dengan posisi masih di atas kendaraan roda dua Honda Karisma. Kejadian itu diperkirakan berlangsung sekitar pukul 13.00 WITA, Minggu (15/3/2020).

Petugas yang mendatangi WNA tersebut tidak berani mendekat lantaran tidak menggunakan alat pelindung diri (APD). Beberapa jam kemudian polisi dan petugas PMI yang menggunakan APD mengevakuasi jenasah WNA yang bertelanjang dada tersebut ke Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Sanglah.

Dinyatakan Positif

Pihak RSUP Sanglah melakukan penanganan prosedur virus corona untuk mengetahui apakah WNA terinfeksi virus. Hasilnya pemeriksaan swab dari jenasah dinyatakan positif virus corona.

Sekda Provinsi Bali Dewa Made Indra, yang juga Ketua Satgas Penanggulan Covid-19 Provinsi Bali menyampaikan diagnosa awal WNA tersebut memiliki riwayat penyakit jantung. Namun dalam situasi darurat wabah virus corona, pihak rumah sakit melakukan diagnosa tambahan, yakni mengambil sampel swab.

Baca Juga: Kisah Pasien Balita 3 Tahun di Yogyakarta yang Terinfeksi Virus Corona Hingga Sembuh

"Ternyata WNA ini positif Covid-19. Jadi ada penyakit lain yang berkontribusi menyebabkan kematiannya," Made Indra dalam keterangan tertulis, Sabtu (21/3/2020).

Tim Satgas penanggulangan Covid-19 melalui tim surveillance sedang melakukan tracing. Saat ini tim mendapat satu orang WNA yang melakukan kontak dekat dan dari sana tim mengali informasi lebih lanjut.

Saat ini, jenazah WNA itu masih berada di RSUP Sanglah Denpasar. Pemerintah Provinsi Bali masih berkoordinasi dengan konsulat jenderal negara asal WNA positif corona tersebut.

Baca Juga: PDP asal Lumajang Meninggal Dunia, Keluhkan Demam hingga Flu setelah Pulang Umrah



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x