Kompas TV religi beranda islami

Kalam Hati - Level Pembimbing Hati

Kompas.tv - 22 Maret 2020, 06:30 WIB
Penulis : Agung Pribadi

Menyikapi kembali sebuah peristiwa yang sempat ramai di jagat medsos tentang seseorang yang menikam temannya sendiri akibat sering diejek sebagai pria tobat, Kang Rashied mengingatkan bahwa ada tiga level pembimbing hati yang dapat dilalui si pria tobat agar sempurna hijrahnya, yaitu

Pertama adalah level Mu'alim atau pembimbing nalar manusia yang belajar agar dirinya dapat mengetahui sesuatu. Seorang mu'alim lebih memfokuskan kepada ilmu akal. Sebagai orang yang bersifat mu'alim, isi kandungan pendidikan perlu disampaikan berserta ilmu yang berkaitan dengan nilai-nilai murni dalam proses melahirkan insan bermoral.

Kedua Mu'addib adalah pemupuk adab, akhlak, nilai atau proses pembentukan disiplin. Pada level ini ia belajar untuk melakukan sesuatu dengan baik. Mu'addib (Ta'dib) berasal dari perkataan adab yaitu budi pekerti. Mu'addib juga membawa maksud yang hampir kepada istilah mentor. 

Dan level terakhir adalah Murabbi yaitu orang yang menata hatinya. Ia belajar untuk menjadi sesuatu yang diinginkan. Konsep Murabbi merujuk kepada pendidik yang bukan saja mengajarkan suatu ilmu tetapi dalam masa yang sama juga mencoba mendidik rohani, jasmani, fisik dan mental anak didiknya untuk menghayati dan mengamalkan ilmu yang telah dipelajari. 

Agar seseorang dapat stabil melakukan hirahnya, ia juga perlu menata sholatnya karena sholat adalah tiang agama. Disamping itu ia juga perlu mendisiplinkan sholat dengan melaksanakan sholat tepat pada waktunya, sehingga kepercayaannya semakin tinggi dan keyakinannya akan bertambah kuat.

Sholat ini dilakukan hanya oleh seorang muslim dan sebagai amalan pembeda terhadap non muslim. Bagi mereka yang sedang hijrah dan melakukan sholat terkadang saja atau bahkan tidak melakukannya hal ini bisa berarti kesia-siaan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x