Kompas TV nasional berita kompas tv

Masa Darurat Bencana Corona Diperpanjang Hingga 29 Mei 2020

Kompas.tv - 17 Maret 2020, 12:22 WIB
masa-darurat-bencana-corona-diperpanjang-hingga-29-mei-2020
Kepala BNPB Doni Monardo menyampaikan keterangan terkait peninjauan banjir dan longsor Kabupaten Bogor (18/1/2020) (Sumber: Pusat Data Informasi dan Komunikasi Bencana BNPB)
Penulis : Sadryna Evanalia

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau BNPB memperpanjang masa darurat bencana wabah Virus Corona di Indonesia. Masa darurat bencana diperpanjang menjadi 91 hari sejak 29 Februari 2020 sampai dengan 29 Mei 2020.

"Perpanjangan Status Keadaan Tertentu sebagaimana dimaksud dalam diktum KESATU berlaku selama 91 (sembilan puluh satu) hari, terhitung sejak tanggal 29 Februari 2020 sampai dengan tanggal 29 Mei 2020,"pernyataan ini tertulis dalam surat Keputusan Status Keadaan Tertentu Darurat Bencana Wabah Penyakit Akibat Virus Corona di Indonesia seperti yang diterima oleh KompasTV.

SK Perpanjangan masa darurat bencana virus Corona di Indonesia (17/3/2020) (Sumber: ISTIMEWA)

Dalam surat yang ditandatangani oleh Kepala BNPB Doni Monardo juga menjelaskan bahwa segala biaya yang dikeluarkan sebagai akibat ditetapkannya Surat Keputusan ini dibebankan kepada Dana Siap Pakai yang ada di BNPB. Dan keputusan ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan.

SK BNPB Perpanjangan masa darurat bencana virus Corona di Indonesia (17/3/2020) (Sumber: ISTIMEWA)

Keputusan ini dikeluarkan dengan beberapa pertimbangan di antaranya bahwa Indonesia mengantisipasi penyebaran virus Corona, penyebaran virus Corona semakin meluas dan menyebabkan jatuhnya banyak korban jiwa, kerugian harta benda, dampak psikologis pada masyarakat serta mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat.
 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x