Kompas TV nasional berita kompas tv

Komisioner KPAI Retno Listiyarti Tanggapi Libur Sekolah Cegah Penularan Corona

Kompas.tv - 16 Maret 2020, 10:26 WIB

KOMPAS.TV -  Komisioner KPAI, Retno Listiyarti menanggapi ada sekolah yang diliburkan ada juga yang tetap meminta siswa untuk masuk dalam rangka pecegahan penyebaran virus corona.

Beliau mengatakan bahwa Komisi Perlindungan Anak Indonesia mendukung pernyatakan Presiden Joko Widodo mengenai belajar dari rumah dan bekerja dari rumah.

Retno mengatakan cukup kecewa kalau Kemendikbud memandang semua diserahkan kepada daerah. Ia juga menambahkan bahwa Kemendikbud seharusnya mengeluarkan instruksi  untuk meliburkan dengan catatan.

Contohnya adalah anak tetap belajar di rumah dengan metode daring.

Pernyataan tersebut ia keluarkan menanggapi pernyataan PLTK Biro Humas  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,  Erlangga Masdiana yang mengatakan bahwa tidak bisanya mengambil keputusan untuk masing-masing daerah, hal  ini disebabkan karena tingkat risiko masing-masing daerah berbeda.

Sesuai dengann surat edaran Menteri  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang paling difokukan adalah mengenai  bagaimana memastikan pencegahan dan penanganan.

Beliau juga mengatakan ranah Kemendikbud bukanlah ranah untuk memberikan instruksi. Tetapi ia menambahkan bahwa ranah Kemendikbud adalah memastikan terjadi proses pembelajaran secara baik dan efektif.

Baca Juga: Ranah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Mengenai Keputusan Belajar Mengajar

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x