Kompas TV regional berita daerah

Membuat Hand Sanitizer Sendiri Berbahan Standar WHO

Kompas.tv - 15 Maret 2020, 05:31 WIB
Penulis : Merlion Gusti

SULAWESI, KOMPAS.TV - Ikut berpartisipasi lawan penyebaran corona, ini lah sikap yang diambil siswa kejuruan farmasi SMKN 1 Polewali Mandar. 

Siswa meracik hand sanitizer atau cairan pembersih tangan untuk dibagikan gratis pada warga.

Prihatin dengan sulitnya memperoleh hand sanitizer atau cairan pembersih tangan di pasaran akibat penyebaran virus corona, siswa jurusan farmasi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Polewali Mandar, Sulawesi Barat, meracik hand sanitizer secara swadaya.

Di laboratorium sekolah, siswa meracik dengan menggunakan bahan-bahan berdasarkan standar formula yang ditetapkan badan kesehatan dunia WHO.

Bahan dasar yang digunakan adalah alkohol, gliserin, H2O2, aquades serta bahan pengharum dan pewarna. 

Meski diracik oleh para siswa, standar produk pencuci tangan mendapat pengawasan ketat dari guru serta apoteker yang berasal dari instalasi farmasi dinas kesehatan Polewali Mandar.

Selain memproduksi hand sanitizer, para siswa juga memproduksi disinfektan dan sabun anti kuman, yang diklaim berfungsi menangkal virus corona.

Ya, sikap saling bantu dengan menyediakan cairan pembersih tangan secara gratis oleh siswa, tentu menjadi pelajaran berharga bagi seluruh masyarakat Indonesia dalam menyikapi merebaknya virus corona. 

Dibutuhkan kerja sama semua pihak, untuk menghadapi wabah corona yang saat ini melanda Indonesia.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x