Kompas TV regional berita daerah

RS Hasan Sadikin Bandung Terima 3 Pasien Baru Diduga Terjangkit Virus Corona

Kompas.tv - 6 Maret 2020, 18:38 WIB
rs-hasan-sadikin-bandung-terima-3-pasien-baru-diduga-terjangkit-virus-corona
Simulasi penanganan pasien terinfeksi virus corona di RAUD Margono Soekarjo Purwokerto, Jawa Tengah. (Sumber: KOMPAS.COM/FADLAN MUKHTAR ZAIN)
Penulis : Tito Dirhantoro

BANDUNG, KOMPAS TV - Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung kembali menerima tiga pasien baru terduga terjangkit virus corona atau Covid-19.

Direktur RSHS Bandung, Nina Susana Dewi, mengatakan ketiga pasien tersebut saat ini tengah menjalani perawatan di ruang isolasi. 

“Sekarang ada pasien masuk dengan gejala sama dalam pengawasan itu sedang diproses pemeriksaan. Masih ada tiga tapi masih dalam proses pemeriksaan dan laboratorium," kata Nina di Bandung, Jawa Barat pada Jumat (6/3/2020).

Nina menjelaskan, tiga pasien tersebut merupakan warga negara Indonesia. Ketiganya, kata dia, masuk ke RSHS Bandung dengan waktu yang berbeda. 

"Masuknya ini ada yang tadi malam (Kamis, 6/3/2020). Tapi, ada juga yang dua hari lalu," ucap Nina.

Ketiga pasien dewasa tersebut masih dalam pengawasan dan perawatan di ruang isolasi di Gedung Kemuning.

"Kondisinya yang dua baik saja, yang satu dalam terapi. Mungkin kriterianya sesuai yang harus dimasukan dalam RIKK (Ruang Infeksi Khusus Kemuning)," kata Nina.

Nina tak menjelaskan secara detail terkait riwayat perjalanan ketiga pasien itu. Namun, dia memastikan ketiganya telah dikirim ke Litbangkes untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Terkait penyampaian hasil lab, Nina menyerahkan sepenuhnya kepada Kementrian Kesehatan di Jakarta. "Hasil belum terima, pengumumannya nanti dari Jakarta," ucapnya.

Sebelumnya, kata Nina, pihaknya telah merawat lima pasien terduga Covid-19. Namun para pasien tersebut dinyatakan negatif dari virus corona.

"Lima pasien pernah dirawat di ruang isolasi tapi kemudian semuanya negatif," ujar Nina.

Pemerintah Indonesia melalui Juru Bicara Penanganan Corona, Achmad Yurianto, mengumumkan pasien positif Covid-19 di Tanah Air bertambah dua orang. 

"Dari 7 orang ini, 2 orang confirm positif yang disebut kasus nomor 3 dan kasus nomor 4. Kita sebut kasus 3 dan nomor 4 sekarang tadi," Yurianto.

Dengan demikian, total pasien yang terjangkit positif Covid-19 menjadi 4 orang. Sebelumnya pemerintah mengumumkan sudah ada dua orang lainnya yang positif terjangkit virus corona.

Adapun dua pasien baru yang positif virus corona disebut merupakan anggota klub dansa dan memiliki riwayat kontak dekat dengan pasien kasus 1.

Saat ini, kedua pasien kasus 3 dan kasus 4 tengah diisolasi di RSPI Sulianti Saroso bersama dengan kasus 1 dan kasus 2.

Menurut Yuri, meski dinyatakan positif, seluruh pasien saat ini dalam keadaan stabil. Bahkan pasien kasus 1 dan kasus 2 kondisinya semakin membaik setiap harinya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x