Kompas TV regional berita daerah

Sulit Membedakan STNK Palsu yang Beredar di Cianjur, 1 Lembar Dihargai Rp2 Juta

Jumat, 6 Maret 2020 | 11:17 WIB
sulit-membedakan-stnk-palsu-yang-beredar-di-cianjur-1-lembar-dihargai-rp2-juta
Polisi memerlihatkan STNK asli tapi palsu yang diproduksi sindikat pemalsu STNK yang berhasil diungkap jajaran Satreskrim Polres Cianjur, Jawa Barat, Kamis (5/3/2020). Lima orang telah ditahan dan dijadikan tersangka. (Sumber: KOMPAS.COM/FIRMAN TAUFIQURRAHMAN)

CIANJUR, KOMPAS TV - Polres Cianjur berhasil membongkar praktik pemalsuan surat tanda nomor kendaraan atau STNK dan notice pajak di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Dalam pengungkapan kasus ini, kepolisian menyita barang bukti berupa belasan lembar STNK dan notice pajak yang tampak asli tapi ternyata palsu itu.

Kapolres Cianjur, AKBP Juang Andi Priyanto, mengatakan sindikat pemalsu STNK tersebut telah beroperasi sejak 2016. Selama hamper 4 tahun beroperasi, mereka telah memproduksi ratusan STNK palsu atau dikenal dengan istilah STNK batikan.

“Untuk satu STNK yang dibuat dihargai Rp2 juta. Sepintas sulit membedakan mana STNK yang asli dan yang palsu ini,” kata Juang seperti dikutip Kompas.com di Mapolres Cianjur, Jawa Barat, Kamis (5/3/2020).

Baca Juga: Polisi Tangkap Komplotan Pencuri dan Pemalsu STNK Mobil

Juang menjelaskan betapa sulitnya membedakan STNK tersebut asli atau tidak. Itu karena pelaku memalsukannya dari lembar STNK asli yang sudah mati atau tidak dibayar pajak selama 4 sampai 6 tahun. 

Tak hanya itu, plastik hologram yang digunakan pelaku juga ditengarai asli. "Kalau tidak punya database, dan kalau di lapangan dilihat secara sepintas oleh petugas, sulit membedakannya," ujar dia.

Editor : Tito Dirhantoro

1
2
3



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
06:02
KEMENAG BERHARAP ARAB SAUDI MEMASUKKAN INDONESIA DALAM DAFTAR NEGARA YANG BOLEH MEMBERANGKATKAN JEMAAH UMRAH   DINYATAKAN MELANGGAR KODE ETIK, KETUA WADAH PEGAWAI KPK YUDI PURNOMO: SAYA SIAP MENERIMA KONSEKUENSI KEPEGAWAIAN   DEWAS KPK MENYATAKAN KETUA WADAH PEGAWAI KPK YUDI PURNOMO BERSALAH MELANGGAR KODE ETIK PEMBERITAAN    MENDAGRI IMBAU CAMAT DI ZONA HIJAU COVID-19 TIDAK TERLENA KARENA VIRUS KORONA MEMILIKI PENULARAN YANG SANGAT TINGGI   GUBERNUR BALI I WAYAN KOSTER KEMBALI BATASI MASYARAKAT SETELAH ADA KLASTER BARU DARI UPACARA ADAT DI BADUNG, BALI   BAWASLU: PKPU PERUBAHAN MENGATUR TAK ADA KONSER MUSIK, ULANG TAHUN PARTAI, BAZAR, PERGELARAN SENI PADA PILKADA 2020   SEBUT KPU AKAN AJUKAN PERATURAN KPU PERUBAHAN, BAWASLU: KEGIATAN YANG MELIBATKAN BANYAK ORANG DILARANG   IMIGRASI BALI MENCATAT WARGA NEGARA RUSIA TERBANYAK DIDEPORTASI SEPANJANG TAHUN 2020   WALI KOTA RAHMAT EFFENDI SEBUT TERSISA 155 DARI 727 TEMPAT TIDUR ISOLASI DI SEJUMLAH RS KOTA BEKASI   SEKDA KABUPATEN KUPANG, NTT, OBED LAHA POSITIF COVID-19    JAKSA MENILAI MANTAN DIRUT PT ASURANSI JIWASRAYA HENDRISMAN RAHIM SEBABKAN KERUGIAN NEGARA RP 16,8 TRILIUN    JAKSA PENUNTUT UMUM KEJAGUNG TUNTUT MANTAN DIRUT PT ASURANSI JIWASRAYA HENDRISMAN RAHIM HUKUMAN 20 TAHUN PENJARA   PEMKOT JAKARTA UTARA SIAPKAN 10 POMPA YANG TERSEBAR DI 6 KECAMATAN JELANG MUSIM HUJAN   BNPB SEBUT BANJIR BANDANG SUKABUMI AKIBAT SEDIMENTASI SUNGAI DAN HUJAN LEBAT