Kompas TV regional berita daerah

TNI-Polri Siaga 1, KKB Terindikasi Hendak Masuk Kawasan Freeport

Kompas.tv - 4 Maret 2020, 22:36 WIB
tni-polri-siaga-1-kkb-terindikasi-hendak-masuk-kawasan-freeport
Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw saat diwawancarai media (Sumber: KOMPAS.COM)
Penulis : Tito Dirhantoro

PAPUA, KOMPAS TV - Kelompok Kriminal Bersenjata atau KKB terindikasi hendak memasuki kawasan pertambangan PT Freeport Indonesia yang berada di Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua.

“Indikasi tersebut berdasarkan hasil penyelidikan yang dilakukan pihak kepolisian,” kata Kapolda Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw di Papua pada Rabu (4/3/2020).

Waterpauw menuturkan, ada dua kelompok bersenjata di pegunungan Papua dengan pimpinan berbeda yang mulai berdatangan ke Distrik Tembagapura.

Kelompok bersenjata pimpinan Lekagak Telenggen merupakan salah satunya. Menurut Waterpauw, kelompok tersebut yang semula berada di wilayah Yambi, Kabupaten Puncak Jaya, kini sudah berada di sekitar Distrik Tembagapura.

Baca Juga: Anggota Brimob Kelapa Dua Gugur Usai Kontak Senjata dengan KKB

Menurut dia, pihaknya tak akan tinggal diam atas pergerakan KKB yang kini tengah mengarah ke kawasan PT Freeport tersebut.

Pihak kepolisian, kata dia, bersama-sama dengan TNI bakal lebih memperketat pengamanan di sekitar areal PT Freeport Indonesia.

“Aparat keamanan akan mengambil tindakan tegas bila kelompok tersebut tetap berupaya masuk kawasan objek vital nasional tersebut,” kata Waterpauw.

Sementara Kapolres Mimika, AKBP I Gusti Gde Era Adhinata, mengatakan selain KKB pimpinan Lekagak Telenggen, ada satu kelompok lagi yang juga mendekat ke kawasan PT Freeport Indonesia, yakni KKB pimpinan Gusbi Waker.

Menurut Era, kelompok yang kedua disebut ini merupakan dalang penyanderaan tiga guru SD Inpres Baluni, Kampung Jagamin, Distrik Tembagapura, pada pertengahan Februari 2020.

Tak hanya itu, mereka juga diduga pelaku penyerangan terhadap mobil patroli Polsek Tembagapura beberapa waktu lalu.

Baca Juga: KKB Serang Pos TNI, 1 Anggota Brimob Tertembak di Dada Tembus ke Punggung

“Kami sudah mengidentifikasi KKB dari mana yang melakukan penembakan di Tembagapura,” kata Era Adhinata seperti dikutip Tribunnews.com.

Karena ada pergerakan kelompok yang mengarah ke kawasan PT Freeport Indonesia itulah, pihak kepolisian bersama TNI telah menetapkan status siaga 1. 

Meskipun sudah memetakan ada dua kelompok yang mendekat, namun Era mengaku belum bisa memastikan jumlah kekuatan personel mereka. 

Baik TNI atau pun Polri pun belum akan menambah jumlah pasukan untuk mengantisipasi serangan kelompok bersenjata tersebut. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x