Kompas TV nasional berita kompas tv

Tak Perlu Panik, Harga Masker di Apotek Ini masih 2 ribu per Lembar

Kompas.tv - 4 Maret 2020, 17:20 WIB
tak-perlu-panik-harga-masker-di-apotek-ini-masih-2-ribu-per-lembar
Masker N95 sebagai alat pelindung diri (APD) petugas media yang dijual di salah satu toko penyedia alat kesehatan di Jalan A Yani, Bontang Selatan. Harga masker tersebut meroket usai wabah virus corona muncul belakangan ini. (Sumber: TRIBUNKALTIM.COM/ FACHRI R)
Penulis : Johannes Mangihot

JAKARTA, KOMPASTV - Menteri BUMN Erick Thohir memastikan stok masker di Kimia Farma tetap terjaga. Harganya juga sangat terjangkau yakni Rp2.000 per lembar masker.

Belakangan harga masker meroket seiring perkembangan penyebaran virus corona. Di pasar Pramuka misalnya, satu box masker merek Sensi berisi 50 lembar bisa mencapai Rp400 ribu. Sebelum ada penyebaran virus corona satu box masker Sensi hanya berkisar Rp20-30 ribu.

Erick mengetahui banyak oknum yang memanfaatkan situasi, Agar masker dari Kimia Farma tidak disalahgunakan, Erick membatasi pembelian yakni dua masker per orang. Langkah ini dilakukan untuk mencegah pembelian besar-besaran. 

Baca Juga: Pasien Positif Corona Semakin Membaik, Berikut Kondisi ART Mereka

Ia juga mengimbau masyarakat untuk tidak panik karena ketersediaan masker dan alat-alat kesehatan masih tersedia di kimia Farma.

Untuk masker Kimia Farma memiliki stok 215 ribu masker yang tersebar di 1.300 apotek kimia farma se Indonesia. Atas dasar itu, Erick meminta masyarakat tak perlu panik dengan memborong masker di pasaran. 

"Saya kembali berharap tadi masyarakat tidak perlu panik, ini barangnya tersedia bahkan Kimia Farma ada obat menaikkan imunitas, bukan mencegah juga," ujar Erick di salah satu Apotek Kimia Farma, Jakarta, Rabu (4/2/2020). 

Meroketnya harga masker juga terjadi di sejumlah online shop seperti Shopee, Tokopedia, dan Bukalapak. Dilansir dari Kompas.com, Selasa (3/3/2020), harga masker yang dijual beberapa platform e-commerce melonjak lebih dari 10 kali lipat dari harga dalam kondisi normal.

Baca Juga: Tak Hanya Masker, Jahe dan Temulawak jadi Sasaran Baru

Seperti di Shopee, harga 1 box masker dengan merek Sensi Mask dijual seharga Rp900 ribu. Satu box berisi 24 pack dengan isi total 144 lembar masker.

Sementara di penjual online lainnya, harga masker dengan merek yang sama dijual Rp300 ribu per box dengan isi 50 lembar.

Masih dengan masker bermerek Sensi bahkan dijual seharga Rp899 ribu per box dengan isi 50 lembar. Harga masker di Bukalapak tak jauh berbeda. Harga masker Sensi dijual di kisaran Rp450 ribu Rp500 ribu per box dengan isi 50 lembar.

Baca Juga: Di Sukoharjo Batman dan Gundala Kampanye Khasiat Rempah-rempah Buat Cegah Virus Corona

Sementara jenis masker N95 relatif cukup mahal. Harganya berada di atas Rp 1 juta per box. Contohnya, sekotak masker N95 dengan jenis 3M 8210 yang dijual Rp1,7 juta untuk isi 20 pcs.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x