Kompas TV nasional berita kompas tv

Jemaah Umrah yang Sudah Tiba di Jeddah Ditolak Masuk ke Arab Saudi

Kompas.tv - 28 Februari 2020, 14:35 WIB
Penulis : Dea Davina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Keputusan Arab Saudi menutup akses kedatangan umrah bagi puluhan negara, demi mencegah penyebaran virus corona baru, membuat ribuan jemaah kecewa.

Pemerintah pun tengah mencari solusi terbaik, bagi para Jemaah dan bisnis biro perjalanan umrah.

Kamis sore, ribuan calon jemaah umrah terdampar di bandara Soekarno-Hatta.

Sejumput harapan mereka untuk bisa sampai ke tanah suci, harus pupus, karena sejak pukul 12.30 WIB, semua penerbangan menuju Arab Saudi, ditutup.

Ini adalah imbas dari keputusan mendadak, yang diambil pemerintah Arab Saudi, untuk mencegah penyebaran virus corona di negaranya.

Tak sedikit jemaah yang kaget dan kecewa atas keputusan ini.

Baca Juga: Penanganan yang Dilakukan dalam Menghadapi Penundaan Keberangkatan Umrah

Pasalnya, tidak ada peringatan apapun yang dikeluarkan sebelum mereka berangkat dari daerah asal, namun langsung efektif per 27 Februari 2020 kemarin.

Semua jemaah dari negara-negara yang ada dalam daftar terinfeksi virus corona baru, dilarang masuk ke Arab Saudi, termasuk Indonesia.

Bahkan calon jemaah umrah asal Indonesia yang sudah tiba di Jeddah pukul tujuh pagi waktu setempat, juga tak diperbolehkan masuk ke Jeddah.

Perwakilan KJRI dan Imigrasi Arab Saudi, Kamis pagi mengecek keadaan jemaah Indonesia yang telah tiba.

Jemaah yang sudah mendarat dengan visa umrah, akan dievaluasi dan diperiksa riwayat perjalanan selama 2 minggu terakhir.

Wakil presiden Maruf Amin, memastikan pemerintah tengah melakukan negosiasi terkait penghentian sementara akses umrah di Arab Saudi.

Pemerintah berharap Indonesia tidak termasuk dalam negara yang ditunda dalam menjalankan ibadah umrah, karena hingga saat ini belum ada kasus covid-19 yang positif di Indonesia.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x