Kompas TV nasional berita kompas tv

Sudah Diputus, 68 WNI Kapal Diamond Princess Akan Dikarantina di Pulau Sebaru

Kompas.tv - 27 Februari 2020, 18:10 WIB
sudah-diputus-68-wni-kapal-diamond-princess-akan-dikarantina-di-pulau-sebaru
Menko PMK Muhadjir Effendy (tengah), didampingi Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, dan BNPB usai rapat koordinasi evakuasi 74 WNI ABK Kapal Diamond Princess di Kantor Kemenko PMK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (20/2/2020). (Sumber: KOMPAS.com/Deti Mega Purnamasari)
Penulis : Johannes Mangihot

JAKARTA, KOMPASTV – Pemerintah telah mementukan lokasi observasi terhadap 68 WNI di kapal Diamond Princess.

Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menjelaskan nantinya 68 WNI tersebut akan diobservasi bersama WNI dari kapal World Dream di Pulau Sebaru Kecil, Kepulauan Sebaru Kecil, Jakarta.

"Tempat untuk observasi sudah ditetapkan yaitu di Pulau Sebaru Kecil yang nanti akan diatur sedemikian rupa. Dan itu akan menjadi dominan atau tanggung jawab dari Kementerian Kesehatan dari Pak Menkes," ujar Muhadjir di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Kamis (27/2/2020). 

Baca Juga: Ini Alasan Pulau Sebaru Dipilih Jadi Tempat Karantina ABK World Dream

Muhadjir menambahkan 68 WNI yang akan dievakuasi sama seperti 238 WNI dari Wuhan yakni telah melalui pemeriksaan kesehatan dan dinyatakan negatif dari infeksi virus corona.

Langkah observasi dilakukan untuk mengedepankan prinsip kehati-hatian dan mengikuti prosedur yang ditetapkan oleh badan kesehatan dunia.

"Jadi masih akan tetap menjalani pemeriksaan PCR (polymerase chain reaction) kemudian informasinya akan lebih lanjut nanti akan dibahas lebih detail," kata Muhadjir.

Selain tempat observasi pemerintah juga telah menentukan opsi pemulangan yakni menggunakan pesawat. Sebelumnya ada dua opsi akan dilakukan dalam evakuasi WNI di Kapal Diamond Princess yang kini berada di Yokohama, Jepang. 

Baca Juga: Presiden Jokowi Putuskan Evakuasi WNI di Diamond Princess Dengan Pesawat

Pertama menggunakan kapal RS dr Soeharso, kedua melalui udara seperti menjemput 238 WNI dari Wuhan.Namun pemerintah belum memastikan waktu penjemputan serta pesawat apa yang akan digunakan.

"Evakuasi akan dilakukan setelah ada kesepakatan, ada koordinasi, bukan kesepakatan, dengan pemerintah Jepang mengenai waktunya," ujar Muhadjir.

Diketahui total WNI yang menjadi kru Diamond Princess yakni 78 orang dan hanya 68 yang akan dievakuasi. Delapan WNI dinyatakan terinfeksi virus corona dan dua WNI yang sehat, menolak untuk dievakuasi. 
 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x