Kompas TV internasional kompas dunia

Sah! Mahathir Mohamad Jadi Perdana Menteri Malaysia Sementara

Kompas.tv - 24 Februari 2020, 20:11 WIB
sah-mahathir-mohamad-jadi-perdana-menteri-malaysia-sementara
Mahathir Mohamad Jadi Perdana Menteri Malaysia Sementara setelah Raja Malaysia menunjuknya hingga terpilih Perdana Menteri yang baru (Sumber: twitter mahathir)
Penulis : Deni Muliya

KOMPAS.TV - Akhirnya Mahathir Mohamad resmi ditunjuk menjadi Perdana Menteri (PM) Malaysia sementara.

Hal itu sebagaimana diungkapkan oleh Kepala Sekretaris Pemerintahan Malaysia, Mohd Zuki Ali, seperti dilansir malaysiakini.

Baca Juga: Mahathir Mohammad Mundur, Anwar Ibrahim Dikhianati, Azmin Ali Pengganti PM Malaysia?

Zuki Ali menjelaskan bahwa Raja Malaysia, Yang di-Pertuan Agong Al-Sultan Abdullah Ri'ayatuddin Al-Mustafa Billah Shah, sebelumnya telah menerima surat pengunduran diri dari Mahathir Mohamad sebagai PM Malaysia dan menyetujuinya.

Namun, usai pertemuan Raja Malaysia dengan Mahathir Mohamad di Istana Negara, Kuala Lumpur, Malaysia, malam ini, pihak Istana menetapkan dan menunjuk Mahathir Mohammad menjadi PM sementara.

"Namun, Yang Mulia setuju untuk menunjuk Mahathir sebagai Perdana Menteri Sementara sambil menunggu penunjukan Perdana Menteri yang baru. Ini sesuai dengan Pasal 43 ayat 2, huruf a, pada Konstitusi Federal,” ujar Zuki Ali.

Untuk itulah, lanjut Zuki Ali, selama periode ini, Mahathir akan mengelola pemerintahan negara sampai seorang PM baru diangkat dan kabinet terbentuk.

Baca Juga: Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohammad Mundur, Siapa Penggantinya?

Sementara itu, menurut sumber yang dipercaya, seperti dikutip dari Malaysiakini, Yang di-Pertuan Agong memberi waktu selama 10 hari untuk menentukan koalisi mana yang memiliki dukungan mayoritas dan membentuk pemerintahan baru.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x