Kompas TV nasional berita kompas tv

Mahfud MD Pastikan Anak Yatim Piatu Eks ISIS akan Dipulangkan ke Indonesia

Kompas.tv - 24 Februari 2020, 19:01 WIB
mahfud-md-pastikan-anak-yatim-piatu-eks-isis-akan-dipulangkan-ke-indonesia
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD di kantornya, Kemenkopulhukam, Jakarta, Senin (13/1/2020). (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah memastikan akan memulangkan anak yatim piatu eks ISIS asal Indonesia. Hal tersebut diakui Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD.

"Anak-anak di bawah 10 tahun yang yatim piatu itu akan dipulangkan, itu kebijakannya sudah resmi," ujar Mahfud di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (24/2/2020).

Sejauh ini, menurut dia, identitas anak-anak yang akan dipulangkan belum bisa diumumkan.

Baca Juga: ISIS Asal Indonesia Mau Pulang Kampung, Setuju Nggak?

Hanya saja, pihaknya tetap berpegang teguh pada prinsip awal bahwa anak yatim piatu tetap akan dipulangkan.

"Sampai sekarang belum ada yang boleh atau belum ada yang akan diumumkan dulu tentang orang-orangnya. Tapi kita ke prinsipnya (rencana pemulangan) saja dulu lah," kata dia.

Sebelumnya diberitakan, pemerintah tetap membuka opsi memulangkan anak-anak dari eks WNI yang diduga sebagai teroris lintas batas (foreign terorist fighter) dan eks anggota ISIS ke Indonesia.

Namun, kelonggaran akan diberikan untuk anak-anak mereka yang sama sekali tak tersangkut aksi terorisme orang tuanya.

Saat ditanya bagaimana jika anak-anak yang akan dipulangkan ternyata telah terpapar paham radikalisme dan terorisme, Mahfud MD menjawab bahwa pemerintah akan mengkajinya lebih dalam.

Baca Juga: Penjelasan Istana Jokowi Pakai Istilah "ISIS Eks WNI"

"Anak-anak di bawah 10 tahun akan dipertimbangkan tapi case by case. Ya lihat saja apakah ada orang tuanya atau tidak, yatim piatu (atau tidak)," ujar Mahfud usai rapat membahas hal tersebut bersama Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (11/2/2020).

Saat ditanya jumlah anak-anak dari total rombongan para WNI terduga teroris lintas batas dan eks ISIS, Mahfud mengatakan bahwa pemerintah belum memiliki data secara detail.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x