Kompas TV nasional berita kompas tv

Tinjau RSCM, Terawan Periksa Alkes Bagian Radiologi yang Terendam Banjir

Kompas.tv - 23 Februari 2020, 19:11 WIB
tinjau-rscm-terawan-periksa-alkes-bagian-radiologi-yang-terendam-banjir
Menteri Kesehatan Terawan Agus saat diwawancarai oleh media di Halim Perdanakusuma (15/2/2020) (Sumber: KOMPASTV)
Penulis : Johannes Mangihot

JAKARTA, KOMPASTV - Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto meninjau Rumah Sakit dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM) yang tergenang banjir.

Kehadiran Terawan untuk mengetahui kerusakan yang ada di ruang Radiologi dan ruang Radioterapi serta alat kesehatan (Alkes) yang terendam banjir. 

Ia meminta agar alat-alat yang rusak akibat terendam dapat diperbaiki dengan cepat untuk kebutuhan pasien.

Baca Juga: RSCM Banjir, Peralatan Medis Terendam Banjir

"Vendor-vendor kita panggil sesuai dengan merk alatnya untuk bisa dipercepat agar alat-alat tersebut bisa beroperasional segera," ujarnya di RSCM, Jakarta, Minggu (23/2/2020).

Saat peninjauan, Terawan juga mengecek Alkes di dua ruang tersebut. Peralatan itu bukan barang baru bagi dokter spesialis radiologi ini. Salah satu yang menjadi perhatian adalah alat radioterapi.

Ia memberi saran dalam proses pengecekan pihak Badan pengawas tenaga nuklir ikut disertakan untuk mengukur paparan radiasi yang ditimbulkan. 
 

Computed Tomography (CT) Scan bagian Radiologi RSCM terendam air dengan ketinggian 10 cm. (Sumber: Twitter Agus Wibowo @aw3126)

"Kalau habis terendam untuk dinyalakan harus dicek. Radiasinya cocok apa tidak. Tetap harus dilakukan pengecekan. Karena itu prinsip satu, pelayanan tidak boleh terhenti, dua kehati-hatian tidak boleh dilupakan," ujar Terawan.

Baca Juga: FULL Prabowo Kagum Atas Kerja Menkes Terawan di Natuna

Adapun alat kesehatan yang terendam banjir seperti Stationary x ray ceiling, Fluoroscopy, Mammography. Kemudian Stationary x ray floor, Mobile x ray, dua unit CT Scan serta satu unit ultrasound acuson terendam banjir.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x