Kompas TV regional berita daerah

Bantuan Rp 21 Miliar untuk Bedah Rumah Duafa, Anies Harap Bisa Jadi Surga bagi Penghuninya

Kompas.tv - 20 Februari 2020, 19:22 WIB
bantuan-rp-21-miliar-untuk-bedah-rumah-duafa-anies-harap-bisa-jadi-surga-bagi-penghuninya
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (Sumber: KOMPAS.com/NURSITA SARI)
Penulis : Fadhilah

 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menggalakkan bantuan bedah rumah untuk kaum duafa dan korban banjir.

Jumlahnya masing-masing sebanyak 385 kunci bedah rumah untuk kaum dhuafa dan 17 bantuan rumah tambahan untuk korban banjir.

Bantuan bedah rumah ini merupakan program Baznas (Badan Amil Zakat Nasional) dengan nama "Bebenah Rumah".

Anies berpesan kepada penerima zakat agar merawat dan menata baik-baik rumah tersebut. Ia pun berharap rumah tersebut bisa menjadi surga bagi penghuninya.

"Kalau jadi surga Insya Allah semua yang berkegiatan di situ mendapat kebahagian dan keberkahan," ucap Anies di GOR Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Rawamangun, Jakarta Timur, Kamis (20/2/2020), sebagaimana dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: Jakarta Siaga Banjir, Anies Baswedan Perintahkan Kosongkan Sungai Ciliwung dan Manggarai

Anies mengatakan, mayoritas penyumbang zakat untuk Baznas adalah pegawai Pemprov DKI Jakarta.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini meminta para penerima bantuan mendoakan pegawai Pemprov DKI Jakarga yang ikut menyumbangkan dana.

"Doakan mereka agar bisa menuntaskan amanat baik. Nanti zakatnya, infaknya sedekahnya nambah. Kalau tambah nanti yang dirasakan ibu bapak nambah," kata dia.

Sementara itu, Ketua Baznas Bazis DKI Jakarta Luthfi Fathullah menjelaskan, Program Bebenah Rumah pada 2019 sudah merenovasi 385 rumah yang tersebar di beberapa wilayah.

Di Jakarta Timur sebanyak 156 rumah, Jakarta Pusat 79 rumah, Jakarta Selatan 65 rumah, Jakarta Barat 53 rumah, Jakarta Utara 32 rumah, serta 17 rumah dari total 50 rumah bantuan bagi warga terdampak banjir.

Baca Juga: Megawati Sindir Anies Terkait Pro Kontra Penyelenggaraan Formula E di Monas

Penerima bantuan merupakan kaum dhuafa dengan rekomendasi dari lingkungan setempat. Total anggaran yang dikeluarkan sebesar Rp 21 miliar.

"Kita harapkan tahun besok yang daerah lain juga tambah banyak agar yang merasakan manfaatnya semakin banyak, targetnya 600 rumah di 10 kawasan, mudah-mudahan ini berhasil dan apa yang diimpikan maju kotanya bahagia warganya dapat terwujud," tutur Luthfi.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Jawa Tengah dan DIY

Harga Bawang Naik

26 April 2024, 10:13 WIB

Close Ads x