Kompas TV nasional berita kompas tv

Jadi Menteri Jokowi, Prabowo Tidak Bicara Politik

Kompas.tv - 20 Februari 2020, 19:21 WIB
jadi-menteri-jokowi-prabowo-tidak-bicara-politik
Prabowo Subianto Memberikan Potongan Tumpeng Untuk Anies Baswedan di HUT ke-12 Partai Gerindra, Kamis 06/02/2020. (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV – Sejak dilantik menjadi Menteri Pertahanan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 23 Oktober 2019, Prabowo Subianto tak pernah membicarakan seputar politik.

Bahkan, hingga detik ini, Ketua Umum Partai Gerindra itu enggan bahas persoalan politik.

Baca Juga: Jadi Menteri Paling Populer, Prabowo Sampaikan Terima Kasih Kepada Masyarakat

"Sampai dengan detik ini, saya hampir empat bulan di kementerian ini (Kemhan), Pak Prabowo enggak pernah ngomongin politik," ujar Dahnil Anzar Simanjuntak, di kantor Kementerian Pertahanan (Kemhan) Jakarta, Kamis (20/2/2020).

Juru Bicara Menteri Pertahanan Prabowo Subianto ini menjelaskan, jika terdapat pihak yang ingin berdiskusi soal politik, Prabowo selalu menjawab ingin fokus bekerja sebagai menteri pertahanan.

Jangan heran jika di lingkungan kantornya, Prabowo sama sekali tak pernah menyinggung urusan politik. 

Sekalipun Prabowo notabene merupakan Ketua Umum Partai Gerindra. 

"Bahkan politik banyak diurus teman-teman pengurus partai secara langsung dan DPR," tutur Dahnil.

Setelah konsentrasi sebagai menteri pertahanan, berdasarkan survei Indo Barometer, Prabowo terindikasi menjadi menteri berkinerja terbaik. 

"Saya kira wajar karena beliau adalah mantan calon presiden, dua kali," kata Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari, saat konferensi pers di Century Park Hotel, Jakarta Pusat, Minggu (16/2/2020).

Dari total 1.200 responden, sebanyak 18,4 persen memilih Prabowo Subianto.

Tidak hanya sebagai menteri yang paling dikenal publik, Prabowo Subianto rupanya juga dinilai responden sebagai menteri dengan kinerja terbaik. 

Selain Prabowo, menteri lain yang dinilai memiliki kinerja baik adalah Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri BUMN Erick Thohir. 

Kemudian, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD, serta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim.

Baca Juga: Survei Sebut Prabowo Menteri Terbaik, lalu Bagaimana Erick Thohir?

Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari berpandangan, keputusan Prabowo untuk menjadi menteri dinilai tepat karena membuat panggung politiknya terus bertahan. 

Survei nasional ini dilakukan selama 9-15 Januari 2020 dengan total 1.200 responden yang dipilih secara multistage random sampling. 

Survei ini dilakukan Indo Barometer jelang 100 hari pemerintahan Jokowi-Ma'ruf.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x