Kompas TV regional berita daerah

Penyebab Ricuhnya Kongres Ke-5 PAN, Adanya Pihak Luar?

Selasa, 11 Februari 2020 | 21:02 WIB

KENDARI, KOMPAS.TV - Kericuhan kembali terjadi di Kongres ke-5 Partai Amanat Nasional (PAN)  di Kendari, Sulawesi Tenggara. 

Sejumlah peserta kongres saling melempar kursi di dalam ruangan, hingga aksi saling dorong pun tak terhindarkan.

Terdapat beberapa persoalan yang menjadi penyebab perdebatan hingga peristiwa "kursi terbang" pun tak terhindarkan.

"Beberapa waktu lalu ada pemilik hak suara yang masih bermasalah keabsahannya. Jadi ada sekitar 21 pemilik hak suara itu. Tadi malam sudah disepakati solusinya, akan tetapi tadi pagi solusi tersebut tidak berjalan, sehingga menimbulkan protes." jelas Anggota Steering Committee PAN Bima Arya saat dihubungi melalui sambungan telfon di program Sapa Indonesia Malam.

Ia juga menambahkan adanya dugaan pihak luar yang berada di dalam Kongres PAN ke-5 tersebut, dan ia bisa memastikan lokasi tersebut tidak benar-benar steril dari pihak-pihak yang tak bertanggung jawab.

Massa pendukung Zulkifli Hasan dan massa pendukung Mulfachri Harahap, saling melempar kursi di tengah jalannya sidang pleno Kongres PAN ke-5 di Hotel Claro Kendari, pagi tadi (11/02/2020).

Ketua Umum Zulkifli Hasan sempat berupaya menenangkan peserta kongres.

Sejumlah aparat kepolisian dari Polda Sulawesi Tenggara pun ikut turun tangan untuk melerai dua kubu yang berkelahi.

Memanasnya kongres ke-5 PAN ini lantaran ada sejumlah kubu yang mempermasalahkan proses pendaftaraan peserta kongres yang dinilai bermasalah.

Pasca ricuh, pemilihan Ketua Umum pun dimajukan menjadi agenda pertama kongres melalui mekanisme voting.

Namun di tengah dinamika kongres, Calon Ketua Umum PAN yang juga mantan menteri PAN-RB Asman Abnur, memilih mundur dari bursa pemilihan ketua umum dengan alasan menjaga kekompakkan.

Setidaknya terdapat 568 suara yang akan diperebutkan dua Caketum PAN yakni Zulkifli Hasan dan Mulfachri Harahap.

Untuk mengetahui sudah sejauh mana hasil voting pemilihan Ketua Umum PAN periode 2020-2025, simak pembahasan bersama Anggota Steering Committee PAN Bima Arya yang saat ini berada di lokasi Kongres, Hotel Claro, Kendari.

Editor : Reny Mardika



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
18:30
DEWAS KPK SYAMSUDDIN HARIS POSITIF TERINFEKSI COVID-19 DAN DIRAWAT DI RS PERTAMINA   MENPERIN OPTIMISTIS INDUSTRI MAKANAN DAN MINUMAN TUMBUH POSITIF HINGGA AKHIR 2020   KPU SIDOARJO SIAPKAN BILIK KHUSUS PEMILIH BERSUHU TUBUH DI ATAS 37,3 DERAJAT CELSIUS DI TPS   PEMPROV NUSA TENGGARA BARAT TARGETKAN PRODUKSI 1.000 UNIT SEPEDA LISTRIK   GUBERNUR JATIM KHOFIFAH INDAR PARAWANSA MINTA WARGA PATUHI REGULASI PROTOKOL KESEHATAN   DPR APRESIASI LANGKAH GUBERNUR JATENG TANGANI PENCEMARAN ALIRAN SUNGAI BENGAWAN SOLO   KEMENPERIN TERUS GENJOT KINERJA INDUSTRI KIMIA, FARMASI, DAN TEKSTIL   MPR APRESIASI KOMITMEN PEMERINTAH DAN ORGANISASI KEMASYARAKATAN LINDUNGI ULAMA   BMKG PERKIRAKAN AWAL MUSIM HUJAN DI NUSA TENGGARA TIMUR DIMULAI AKHIR OKTOBER 2020   PALANG MERAH INDONESIA IMBAU RELAWAN PERBAHARUI PENGETAHUAN TENTANG COVID-19   KEMENTERIAN PERDAGANGAN AKAN TERUS GENCARKAN PROMOSI PRODUK BERBASIS GEOGRAFIS   KEMENPAREKRAF AJAK UMKM MASUK PASAR MODAL, UNTUK ALTERNATIF PEMBIAYAAN   MAKIN PRODUKTIF DENGAN KOMPAS DIGITAL & GRAMEDIA PREMIUM DIGITAL, AKSES: KLIK.KOMPAS.ID/PAKET DIGITAL   BACA ANALISIS ISU TERKINI + RIBUAN E-BOOK DIGITAL PILIHAN. AKSES: KLIK.KOMPAS.ID/PAKET DIGITAL