Kompas TV video cerita indonesia

Jokowi Pelajari Pembangunan Ibu Kota Baru dari Australia, Ini yang Akan Ditiru!

Kompas.tv - 10 Februari 2020, 10:01 WIB
Penulis : Desy Hartini

AUSTRALIA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi kawasan Mount Ainslie di Canberra, Australia, Minggu (9/2/2020). Jokowi hendak melihat dan mempelajari pembangunan Canberra sebagai ibu kota Australia.

Ia mengaku banyak bertanya kepada Gubernur Jenderal Australia David Hurley, Perdana Menteri Australia Scott Morrison, dan CEO National Capital Authority Sally Barnes, ihwal pembangunan Canberra selaku ibu kota Australia.

Baca Juga: TEGAS! Jokowi Kembali Ancam Copot Pangdam dan Kapolda Jika Terjadi Karhutla

Kota Canberra sendiri dibangun pada tahun 1913 dan memiliki penduduk sekitar 400.000 jiwa. Dari Mount Ainslie yang memiliki ketinggian 843 meter di atas permukaan laut, Presiden Jokowi melihat tata kota Canberra sangat baik.

Jokowi pun memuji lanskap kota Canberra yang rapi lantaran tak ada gedung-gedung pemerintahan yang terlampau tinggi.

"Saya kira kalau kita lihat tadi tata kotanya sangat bagus sekali dan yang baik-baik akan kita ambil untuk pembangunan ibu kota baru. Hal itu baik manajemennya, baik tata kotanya. Saya kira kalau tadi kita lihat gedung-gedung pemerintah tidak ada yang tingginya lebih dari tujuh lantai. Tapi di sisi yang lain, juga ada yang jauh dari area pemerintahan diperbolehkan gedung tinggi-tinggi, di situ sangat bagus," ujar Jokowi.

Baca Juga: Presiden Jokowi ke Australia, Ratusan WNI Sambut dan Minta Selfie

#Jokowi #IbuKotaBaru #Australia



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x