Kompas TV nasional sapa indonesia

WHO Nyatakan Status Darurat Global atas Wabah Virus Corona China!

Kompas.tv - 31 Januari 2020, 11:17 WIB
Penulis : Aleksandra Nugroho

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Kesehatan Dunia ( WHO) mengumumkan status darurat dunia atas wabah virus Corona yang sudah membunuh 212 orang di China.

Dalam konferensi pers, Sekretaris Jenderal dr. Tedros Adhanom Ghebreyesus menyatakan, kasus infeksi di luar China jadi pertimbangan status itu diumumkan.

Hingga saat ini, angka penularan virus Corona sudah mencapai 98 orang di 18 negara, dengan belum ada korban meninggal yang dilaporkan.

Jumlah itu termasuk delapan kasus penularan dari manusia ke manusia yang ditemukan di Amerika Serikat (AS), Vietnam, Jepang, dan Jerman.

Sementara di China, patogen dengan kode 2019-nCov itu sudah membunuh 212 orang, dengan kasus infeksi sudah mencapai lebih dari 7.700 orang.

3 hari setelah pernyataan Presiden Jokowi, Kamis sore, rapat koordinasi dengan menteri terkait, digelar.

Hasilnya, pemerintah memprioritaskan, perlindungan negara dari wabah virus Corona, dan menyelamatkan WNI di negara asal virus.

Kementerian Luar Negeri pun, telah menyiapkan pesawat sewaan, dari maskapai penerbangan sipil, untuk mengevakuasi WNI dari Wuhan, Tiongkok.

Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kemenlu, Desra Percaya, menyatakan sudah ada anggaran untuk penyewaan pesawat. #



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x